Strategi Pemasaran dengan Metode Swot dalam Persaingan Harga Tiket Maskapai Penerbangan

Irna Kumala

Abstract


Dalam penjualan tiket terdapat persaingan yang ketat antar maskapai sehingga dibutuhkan strategi pemasaran yang mampu membuat maskapai bertahan. Masalah yang dibahas mengenai strategi yang dijalankan maskapai Royal Brunei Airlines sebagai objek penelitian dalam menghadapi persaingan harga tiket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dijalankan Royal Brunei Airlines dalam menghadapi persaingan harga tiket. Metode penelitian dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner kemudian diolah menggunakan SWOT analysis. Berdasarkan analisis posisi perusahaan dari tabel IFAS dan EFAS, faktor internal sebesar 2,685 dan faktor eksternal sebesar 1,08. Maskapai ini mempunyai posisi menguntungkan pada kuadran 1, strategi agresif diterapkan karena memiliki kekuatan dan peluang yang positif. Berdasarkan matriks SWOT, strategi yang dapat diambil adalah strategi SO, yaitu memanfaatkan harga yang sangat kompetitif dan peraturan tiket yang fleksibel serta tetap menjaga hubungan baik dengan travel agent yang sudah loyal agar tidak berpaling. Dengan kondisi stabilitas ekonomi yang cukup baik di Indonesia, kegiatan Royal Brunei Airlines dalam menjual tiketnya tidak terganggu. Berdasarkan matriks Internal-Eksternal, posisi Royal Brunei Airlines berada pada kotak IV dengan total strategis internal sebesar 3,185 dan total strategis eksternal sebesar 2,68. Strategi stabilitas dapat diterapkan dengan membangun jaringan informasi yang lebih luas agar brand images Royal Brunei Airlines dapat lebih dikenal oleh masyarakat.


Keywords


maskapai penerbangan, strategi pemasaran, persaingan harga tiket, analisis SWOT



DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v5i2.2403

Article metrics

Abstract views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.