PENGARUH PELAYANAN, DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN CUSTOMER DALAM PEMBUKAAN REKENING TABUNGAN DI BRI UNIT PURBASARI BOGOR

Nurdin Rifai(1*)

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, terhadap Keputusan Nasabah di  PT. Bank Rakyat Indonesia Purbasari Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif degan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara acak sederhana (Sample Random Sampling). Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis linear berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 82,4% faktor-faktor Keputusan Nasabah di  PT. Bank Rakyat Indonesia Purbasari Bogor dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan dan Citra Perusahaan sedangkan sisanya 17,6% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan variabel kualitas pelayanan dan citra perusahaan secara serempak berpengaruh dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan hasil analisis, yaitu nilai signifikansi 0,05 < 0,00. Hasil Uji t menunjukkan variabel pengaruh pelayanan mendapatkan nilai signifikansi 0,001 di mana lebih kecil dari 0,05 maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan customer. Variabel citra perusahaan mendapatkan nilai signifikansi 0,000 di mana lebih kecil dari 0,05 maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh positif terhadap keputusan costumer di  PT. Bank Rakyat Indonesia Purbasari Bogor. Bisa dijelaskan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi loyalitas nasabah di  PT. Bank Rakyat Indonesia Purbasari Bogor adalah citra perusahaan dengan nilai Standaridized Coefficient Beta paling besar sebesar 0,707.


Keywords


Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Aprisia, G., & Mayliza, R. (2017). Pengaruh Citra Perusahaan ( Corporate Image) Dan Penanganan Keluhan (Complaint Handling) Terhadap Loyalitas Pelanggan ( Loyality) Natasha Skin Care Di Kota padang. OSFpreprints, 1-13. doi:10.31219/osf.io/qbnyr

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (8 ed., Vol. 8). Semarang, Semarang, Indonesia: Universitas Diponegoro Press. From https://digilib.itbwigalumajang.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2775

Hamid, A. (2021). Analisis Menabung Masyarakat Dalam Penerapan Qanun Lembaga Keuangan Syariah Aceh No.11 Tahun 2018 (Studi Kasus Masyarakat Aceh Tenggara). 65. Sumatera Utara, Indonesia: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. From http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15675

Kotler. (2016). Manajemen Pemasaran (Edisi 12 ed.). Jakarta: PT Indeks.

Laksana. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran (Edisi 1 ed.). Depok: Mediatama.

Mangkunegara, A. P. (2015). Perilaku Dan Budaya Organisasi. Bandung, Jawa Barat, Indonesia: Rafika Aditama.

Massora, A., & Widyanti, I. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan serta Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Thamrin Jakarta. Jurnal Manajemen FE-UB, 9(1), 20-38. From https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/manajemen/article/view/847

Normasari, S., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan, Citra Perusahaan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(2), 1-9. From https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=189713&val=6468&title=PENGARUH%20KUALITAS%20PELAYANAN%20TERHADAP%20KEPUASAN%20PELANGGAN%20CITRA%20PERUSAHAAN%20DAN%20LOYALITAS%20PELANGGAN%20Survei%20padaTamu%20Pelanggan%20yang%20Menginap%20di%2

Pontoh, M. B., Kawet, L., & Tumbuan, W. A. (2014). Kualitas Layanan Citra Perusahaan dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Nasabah bank BRI Cabang Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi, 2(3), 203. doi:https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5502

Prasetio, A. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Management Analysis Journal, 1(1), 1-8. doi:https://doi.org/10.15294/maj.v1i1.497

Priansa, D. J. (2017). Manajemen Pelayanan Prima: Fokus Pada Organisasi Publik dan Peningkatan Kualitas Aparatur. Bandung, Indonesia: Alfabeta. From https://tirtabuanamedia.co.id/shop/buku-lain-lain/manajemen-pelayanan-prima/

Purba, R. P., & Ibrahim, M. (2017). Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi kasus PT Bintang Utara Perwakilan Dolok Sanggul). Jurnal Online Mahasiswa, 4(1), 1-13. From https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/13766

Safitri, E., Rahayu, M., & Indrawati, N. K. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Service Center (Studi Pada Pelanggan Samsung Service Center Di Kota Malang). Ekonomi Bisnis: Management and Business Aconomics Journal, 21(1), 90-104. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um042v21i1p90-104

Soebakir, B. D., Lumanauw, B., & Roring, F. (2018). Pengaruh Brand, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Membeli di Kedai Kopi Gudang Imaji Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi manajemen Bisnis dan Akuntansi, 6(4), 3843-3852. doi:https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21910

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Bandung: Alphabet.

Sujarweni, W. (2019). Analisis laporan Keuangan Teori, Aplikasi dan hasil penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2015). Pelanggan Puas? Tak Cukup (1 ed., Vol. 1). Yogyakarta, Indonesia: Andi Publisher. From https://elibrary.uika-bogor.ac.id/index.php?p=show_detail&id=14038&keywords=

Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran (1 ed.). Jakarta, Yogyakarta, Indonesia: Andi. From https://perpustakaan.widyatama.ac.id/wp-content/uploads/2024/01/Resensi-Buku-PEMASARAN-Abidin-scaled.jpg

Widiarto, T., & Sutarjo. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada market Place Zalora Indonesia Dimediasi Word Of Mouth. Journal of Applied Business & Economics (JABE), 10(1), 32-45. doi:10.30998/jabe.y1oi1.20410

Zusmawati, Magdalena, M., Fernos, J., & Ramadhani, A. S. (2022). Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan nasabah menabung. ECOTAL: Economics and Digital Business Review, 4(1), 470-482. doi:https://doi.org/10.37531/ecotal.v4i1.371




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v10i4.23817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.