PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN CLORISMEN DI CIMANGGIS KOTA DEPOK

Gena Prasetya Noor(1*)

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kesadaran terhadap perawatan kulit untuk tampil lebih maksimal saat ini ternyata tidak hanya berlaku pada kaum wanita, tapi juga kaum pria. Hal ini pula kemudian memunculkan beragam produk skincare yang pada akhirnya menciptakan persaingan bisnis yang kompetitif. Clorismen merupakan salah satu produk skincare. Berdasarkan pengamatan, produk ini cukup diminati oleh kaum pria saat ini, ditambah dengan sepak terjang brand lokal ini yang menggandeng beberapa artis muda, semakin mengukuhkan citra Clorismen sebagai produk skin care bagi kaum maskulin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Clorismen di Cimanggis Kota Depok. Melalui survey sebanyak 100 responden di Kota Depok yang dinilai dari usia, pendidikan dan pekerjaan, penelitian ini membuktikan bahwa 55% faktor-faktor Kepuasan Pelanggan dapat dijelaskan oleh Kualitas Pelayanan dan Harga sedangkan sisanya 45% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, dimana variable Kualitas Pelayanan dan Harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel Kepuasan Pelanggan (nilai Fhitung=61.499>Ftabel=2,700), kemudian secara parsial menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan (thitung = 2,581 > ttabel  = 1,980) dan Harga (thitung = 4,693 > ttabel = 1,980) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan.


Keywords


Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Clorismen. (2024). Clorismen Official. Retrieved from Clorismen Official: https://clorismenofficial.com/

Dinisari, M. C. (2022, Agustus 26). Andika Ramadhan Febriansah Sukses Ciptakan Produk Perawatan Wajah Pria Usai Lulus Kuliah. (Bisnis.com) Retrieved from Bisnis.com: https://entrepreneur.bisnis.com/read/20220826/265/1571058/andika-ramadhan-febriansah-sukses-ciptakan-produk-perawatan-wajah-pria-usai-lulus-kuliah

Dzikra, F. M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Mobil Ud Sari Motor Di Pekanbaru. Eko Dan Bisnis: Riau Economic And Business Review, , 11 (3), 262-267.

Endaryono, B. T., & Ariwibowo, P. (2021). Pengaruh Biaya Pemasaran, Omzet Penjualan terhadap Laba Perusahaan. RESLAJ: Religion Education Social Laa Roiba Journal , 3 (1), 124-136.

Fitri, D. N. (2016). Analisis faktor faktor yang mempengaruhi pertumbuhan Di Indonesia tahun 1984-2013. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi , 5 (3), 219-227.

Kasmir. (2020). Analisis Laporan Keuangan ( Cetakan ke 5). Jakarta: Rajawali Perss.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta:, DKI Jakarta, Indonesia: Erlangga.

Krisdayanto, I., Haryono, A. T., & Gagah, E. (2018). Analisis Perpengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen di I Cafe Lina Putra Net Bandungan. Journal of Management , 4 (4).

Lantara, F. (2022, Agustus 25). Clorismen Brand Lokal yang Semakin Eksis di Dunia Digital. (Naryo, Editor, & Antaranews.com) Retrieved from ANTARA Megapolitan: https://megapolitan.antaranews.com/berita/208581/clorismen-brand-lokal-yang-semakin-eksis-di-dunia-digital

Manengal, B., Kalangi, J. A., & Punuindoong, A. Y. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Bengkel Motor Ando Tombatu. PRODUCTIVITY , 2 (1), 42-26.

Normasari, S., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) , 6 (2), 1-9.

Prasetio, A. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Management Analysis Journal , 1 (4), 75.

Putri, S. D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Auto Service Cempaka Baru.Majalah Ilmiah Panorama Nusantara. Panorama Nusantara Jurnal Ekonomi, Pendidikan dan Pariwisata , 1-16.

Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. ECODEMICA: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis , 2 (2), 312-318.

Rudi, T. D., & Untarini, N. (2014). Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM) , 2 (3), 819-831.

Ruggieri, A., & Silvestri, C. (2014). Quality and Customer Statisfaction: Relationship and Customer Behavior A case Study. International journal of manageria Studies and Research (IJMSR) , 2 (10), 22-35.

Saktiani, G. A. (2015). Pengaruh Kualitas layanan dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan pelanggan dan word of mouth. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP) , 4 (2), 353.

Suparyanto, R. W. (2017). Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Bogor: Penerbit In Media.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan dan Penelitian (1 ed.). Yogyakarta, DIY Yogyakarta, Indonesia: Andi Offset.

Tjiptono, F. (2020). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima (4 ed.). (A. Diana, Ed.) Yogyakarta, DIY Yogyakarta, Indonesia: Penerbit ANDI Yogyakarta.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran (1 ed.). Jakarta, Yogyakarta, Indonesia: ANDI.

Widodo, R. C., & Shihab, M. S. (2016). membangun Kualitas layanan, Kualitas produk dan Persepsi harga untuk mendukung word of mouth melalui kepuasan. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya (JMBS) , 14 (1), 1-16.

Yineu, L. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi kasus pada pelanggan top 40 family karaoke yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Zakaria, D. G., & Suwitho. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM) , 6 (4), 1-18.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v10i4.23519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.