PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PRODUK MOBIL JEPANG VS CHINA SEBAGAI PRODUSEN

Michiko Munir Sayidi(1), Salma Rossatun Nada(2), Dani Abdul Kholik(3), Ibnu Hisyam(4), Endah Widati(5*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(5) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Seiring dengan perkembangan industri otomotif di Indonesia, menyebabkan semakin terbuka peluang bagi masyarakat untuk menciptakan suatu usaha, salah satu yang banyak dijumpai adalah kehadiran produsen kendaraan mobil untuk memenuhi segala kebutuhan dari konsumen dalam penjualan, perawatan maupun perbaikan kendaraan. Banyaknya merek mobil dan berkembangnya teknologi yang digunakan tentu saja akan memberikan tantangan bagi para produsen kendaraan mobil untuk dapat bersaing dalam memperebutkan konsumen, memberikan layanan produk terbaik agar konsumen merasa aman, nyaman dan juga dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumennya. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan tingkat kepuasan konsumen produk mobil Jepang dan China. Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan menggunakan pendekatan Concurent Embedded. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 365 orang untuk mobil yang diproduksi oleh produsen Jepang dan 30 orang untuk mobil yang diproduksi oleh China. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuisioner, wawancara mendalam dengan responden. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian yaitu: Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI) dan analisis deskriptif.  Berdasarkan hasil penelitian nilai CSI mobil merek buatan produsen Jepang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai CSI mobil merek buatan Cina. Adapun nilai CSI dari masing-masing negara asal adalah 219,5% dan 154,2% masing-masing


Keywords


China, CSI, IPA, Jepang, Mobil, Tingkat Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ariani, S., & Oetama, S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Percetakan M2 Di Sampit. Profit: Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 8(2), 156–164.

Fanggidae, R. P. C., & Bere, M. L. R. (2020). Pengukuran tingkat kepuasan wisatawan terhadap fasilitas wisata di Pantai Lasiana. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 4(1).

Ferrell, O. C., Hartline, M., & Hochstein, B. W. (2022). Marketing strategy: Text and Cases (Eighth). Boston: Cengage Learning.

Gaikindo.or.id. (2023a). Impor Mobil CBU ke Indonesia Januari – September 2023. Retrieved November 30, 2023, from Impor Mobil CBU ke Indonesia Januari – September 2023

Gaikindo.or.id. (2023b). Penjualan Mobil Januari 2023 Tembus 94.087 Unit. Retrieved February 14, 2023, from https://www.gaikindo.or.id/penjualan-mobil-januari-2023-tembus-94-087-unit/

Hamidah, S., & Sandi, S. P. H. (2023). TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN UMKM KERIPIK PISANG DI DESA KERTARAHARJA. ABDIMA JURNAL PENGABDIAN MAHASISWA, 2(1), 3416–3424.

Hidayani, N., & Arief, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bittersweet By Najla. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 6(1), 60–74.

Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan pelanggan. unitomo press.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Global Edition. Pearson (Fifthteen). New York: Pearson Education Limited.

Laruke, S. W. (2021). TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP TOKO INATON FLOWER DI KELURAHAN MOLINOW KECAMATAN KOTAMOBAGU BARAT. AGRI-SOSIOEKONOMI, 17(3), 889–900.

Lestari, M. P., Maya, S., & Artino, A. (2023). PENGARUH KEPUASAN PELANGGANDAN EXPERIENTAL MARKETING TERHADAP MINAT BELI ULANG MAKANAN MELALUI KUALITAS PRODUK PADA RESTORAN REMPAH KITA DI SENAYAN CITY JAKARTA PUSAT. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 10(1), 19–31.

Lukman, L., Widiarto, T., & Rosmegawati, R. (2021). DETERMINAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL WULING WILAYAH JABODETABEK PADA PT. SGMW MOTOR INDONESIA. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 8(2), 190–207.

Mandei, J. R., & Dumais, J. N. K. (2017). Tingkat kepuasan konsumen restoran pondok hijau kota manado. AGRI-SOSIOEKONOMI, 13(2A), 157–172.

Solomon, M. R. (2020). Consumer behavior : buying, having, and being (Thirteen E). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D (Edisi ke-3). Bandung: ALFABETA, CV.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2019). Kepuasan Pelanggan : Konsep, Pengukuran, dan Strategi. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2019). Pemasaran strategik. Yogyakarta: Andi (Edisi 3). Yogyakarta: Andi Offset.

Wisudawati, T., & Saputro, W. A. (2020). Pengukuran tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan ethikopia coffee di Kabupaten Sleman. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 5(2), 97–105.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v10i2.21515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.