Pemilihan Guru SMK Berprestasi dengan Metode Analytical Network Process (ANP) dan Kompetensi Gomes

Zaeni Miftah(1*)

(1) STMIK Eresha
(*) Corresponding Author

Abstract


Guru adalah pendidik dengan tugas utama adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Untuk melaksanakan tugasnya secara profesional seorang guru tidak hanya memiliki kemampuan edukatif, tetapi juga harus memiliki kepribadian yang dapat diandalkan sehingga menjadi sosok panutan bagi siswa, keluarga maupun masyarakat.Pemerintah memberikan perhatian yang sungguh-sungguh kepada guru berprestasi melalui Pemilihan Guru SMK Berprestasi baik di tingkat satuan pendidikan, Provinsi, maupun Nasional.Berkaitan dengan hal tersebut, pemilihan guru SMK berprestasi di tingkat satuan pendidikan khususnya di lingkungan SMK masih dilakukan secara manual, yang dapat menyebabkan hasil keputusan menjadi kurang objektif.Pada penelitian ini, dicoba proses pemilihan Guru SMK Terbaik di lingkungan SMK melalui sebuah sistem pendukung keputusan menggunakan metode Analytical Network Process (ANP) dan kompetensi Gomes. Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksudkan yaitu untuk menentukan guru SMK Berprestasi. Kriteria yang digunakan dalam proses seleksi adalah kriteria kompetensi Gomes, yang terdiri dari 8 (delapan) kriteria yang diuraikan menjadi 26 sub kriteria. Hasil penelitian ditujukan untuk memberikan saran bagi SMK dalam pengambilan keputusan khususnya terkait pemilihan Guru SMK Berprestasi.


Keywords


Guru SMK Berprestasi, ANP, Kompetensi Gomes

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Atikah, dkk. (2014).Perancangan Penilaian Kinerja guru Berdasarkan standar Kualifikasi Akademik Kompetensi Guru dan Kompetensi Gomes sebagai Acuan Pemberian Insentif (Studi Kasus SMA Brawijaya Smart School, Malang). Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya.

Dagun, M. Save. (2006). Kamus Besar Ilmu Pengetahuan.Jakarta : Lembaga Pengkajian Kebudayaan Nusantara (LPKN).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah.(2013). Pedoman Pemilihan Guru SMK Berprestasi di Tingkat Nasional.

Mangkunegara, Anwar Prabu.(2001).Manajemen Sumber Daya Manusia.Perusahaan.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saaty, Thomas L. (2008). The analytic Hierarchy and Analytic Network Measurement Processes: Application to Decision under Risk.European Journal of Pure and Applied Mathematics. Vol 1 No 1 2008 (122-196). ISSN 1307-5543.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sefudin, A, Gayatri, AM, Hapsari, S. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Unindra Press.

Syamsi, Ibnu. (2000). Pengambilan keputusan dan Sistem Informasi .Jakarta :Bumi Aksara.

Turban,Efraim, Jay E. Aronson, Ting-Peng Liang.(2007).Decision Support Systems and Intelligent Systems, Edisi 7 Prentice Hall.

Tzeng,Gwo-Shiung, Jih-Jeng Huang.(2011), Multiple Attribute Decision Making Methods and applications.CRC Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v4i2.2140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.