OPTIMALISASI PERANCANGAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR AKTIVITAS KERJA DAN PELAYANAN PELANGGAN (STUDI KASUS: XYZ COFFEE & BOUTIQUE)

Annisa Cahya Arindi(1*), Febya Noor Adhani Budiman(2), Iqbal Zulfikar Rahman(3), Nurul Hidayati(4)

(1) Institut Pertanian Bogor
(2) Institut Pertanian Bogor
(3) Institut Pertanian Bogor
(4) Institut Pertanian Bogor
(*) Corresponding Author

Abstract


Persaingan ketat dalam industri kafe terutama di Kota Bogor mendorong perlunya pengelolaan aspek manajemen yang efisien melalui perencanaan Standar Operasional Prosedur (SOP), terutama dalam manajemen sumber daya manusia. XYZ Coffee & Boutique, sebuah kafe lokal di Kota Bogor, menghadapi kendala kinerja karyawan karena tidak adanya panduan kerja secara tertulis. Penelitian ini bertujuan mengoptimalkan SOP Aktivitas Kerja dan Pelayanan Pelanggan pada XYZ Coffee & Boutique melalui perancangan buku panduan formal yang diberlakukan secara konsisten untuk seluruh karyawan di bagian kafe. Penelitian ini dilaksanakan di XYZ Coffee & Boutique mulai dari bulan Agustus – November 2023. Penelitian ini melibatkan 15 karyawan XYZ Coffee & Boutique yang dipilih melaui pendekatan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Penelitian menggunakan analisis deskriptif (flowchart) dan metode Paired Sample T-Test dengan aplikasi Ms. Excel dan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam evaluasi aktivitas kerja dan pelayanan pelanggan setelah diterapkannya SOP. Dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05, hasil penelitian menerima H1 dan H2 terkait adanya perbedaan antara sebelum dan sesudah optimalisasi penerapan SOP Aktivitas Kerja dan Pelayanan Pelanggan. Hal ini mengindikasikan keberhasilan dalam mengoptimalkan aktivitas kerja dan pelayanan pelanggan melalui penerapan SOP yang disusun secara formal.


Keywords


Aktivitas Kerja, Flowchart, Paired Sample T-Test, Pelayanan Pelanggan, SOP

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Asri, S. (2021). Optimalisasi Budaya Kerja 5S dan Standar Operasional Prosedur Praktikum. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 7(1), 1. https://doi.org/10.24036/jtev.v7i1.111441

Fachri. (2023). BPS: Triwulan I 2023 Sektor Pertanian Catatkan Pertumbuhan Ekonomi Paling Dominan di Triwulan I 2023. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/bisnis/read/5278512/bps-triwulan-i-2023-sektor-pertanian-catatkan-pertumbuhan-ekonomi-paling-dominan-di-triwulan-i-2023

Ferreira, J., Ferreira, C., & Bos, E. (2021). Spaces of consumption, connection, and community: Exploring the role of the coffee shop in urban lives. Geoforum, 119(December 2020), 21–29. https://doi.org/10.1016/j.geoforum.2020.12.024

Handayani, S., & Martini, I. (2010). Analisis Pengaruh Supervisi, Fasilitas dan Konflik antara Pekerjaan Keluarga Terhadap Aktivitas Karyawan Serta Keterkaitannya Pada Kinerja Karyawan Dinakertransduk Provinsi Jawa Tengah. Portal Nasional Republik Indonesia, 17(29), 1–17. http://journal.lembagakita.org/index.php/jemsi/index

Hardani, Andriani, H., Ustiawati, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In H. Abadi (Ed.), CV Pustaka Ilmu Grup. CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta. https://books.google.co.id/books?id=qijKEAAAQBAJ&hl=id&source=gbs_navlinks_s

Kohli, A. K., Shervani, T. A., & Challagalla, G. N. (1998). Learning and Performance Orientation of Salespeople: The Role of Supervisors. Journal of Marketing Research, 35(2), 263–274. https://doi.org/10.1177/002224379803500211

Montolalu, C., & Langi, Y. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). D’CARTESIAN, 7(1), 44. https://doi.org/10.35799/dc.7.1.2018.20113

Muhamad, N. (2023). Indonesia Jadi Produsen Kopi Terbesar Ketiga di Dunia pada 2022/2023. Databoks: Agroindustri. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/06/indonesia-jadi-produsen-kopi-terbesar-ketiga-di-dunia-pada-20222023

Muhtadin, I., & Purwanto, E. (2023). Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Cabang Pelayanan Dispenda Cinere. Journal of Applied Business and Economic (JABE), 9(3), 306–321. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v9i3.16596

Nafi’udin, M. F., Alfi, M. N., Fathoni, M. I., & Athallah, N. A. (2023). Penerapan Standar Operasional Prosedur Terhadap Pelayanan Prima Service Assistant (Sa) Di Bank Jatim Syariah Kc Malang. Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Finance, 4(1), 22–33. https://doi.org/10.32939/fdh.v4i1.2024

Nasution, A., & Aslamo, N. (2023). Pengaruh Perubahan Dalam Sistem Organisasi Perusahaan Dalam Meningkatkan Mutu Yang Berkualitas Bagi Karyawan. Jurnal Riset Ekonomi Dan Akuntansi, 1(2), 222–236. https://doi.org/https://doi.org/10.54066/jrea-itb.v1i2.420

Oldenburg, R. (1989). Great Good Place Cafes, Coffe Shops,Bookstores, Bars, Hair Salons and Other Hangout at the Heart of the Community. Da Capo Press. https://www.dacapopress.com/titles/ray-oldenburg-phd/the-great-good-place/9781569246818/

Pramesti, N. W. R. (2022). Implementasi standar operasional prosedur pramusaji dalam pelayanan lunch pasca pandemi covid-19 di lakeview hotel and restaurant kintamani. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(1), 39–59. https://doi.org/10.22334/paris.v1i1.4

Ruslan, M. R., Yoesdiarti, A., & Miftah, H. (2020). Analisis Preferensi Konsumen terhadap Kopi Bogor di Tiga Kedai Kopi Bogor. Jurnal Agribisains, 6(2), 101–114. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/jagi.v6i2.3545

Sambodo Rio Sasongko. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104–114. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707

Siburian, R., Lukman, S., & Kurniawati, L. (2020). Analisis Penerapan STandar Operasional pelayanan Publik Pada Kantor Kecamatan Menteng Kota Administrasi Jakarta Pusat Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Ilmiah Ekbank: Akademi Keuangan Dan Perbankan GMIST Tahuna, 3(1), 1–19. https://jurnal.akptahuna.ac.id/index.php/ekbank/article/view/36

Subarjo, A. H., S, D. H., Nugroho, F., & Sudarmanto, S. (2023). Pengenalan Pentingnya Dan Manfaat Standar Operasional Prosedur Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah Makanan Ringan Secara Online. Jurnal Penamas Adi Buana, 6(2), 122–129. https://doi.org/10.36456/penamas.vol6.no02.a6570

Supriyanto, S., & Hendriyati, L. (2021). Analisa Pengaruh Sop ( Standard Operating Procedure ) Terhadap Kinerja Waiter Dan Waitress Di in Bloom Restoran Hotel Ayaartta Malioboro. Journal of Tourism and Economic, 4(1), 73–84. https://doi.org/10.36594/jtec.v4i1.112

Tangian, D. (2019). Tahapan Pelayanan di Restoran. Politeknik Negeri Manado. https://pariwisata.polimdo.ac.id/wp-content/uploads/2019/02/MODUL-GABUNG.pdf

Tjiptono, F., & Sumarwan, U. (2019). Strategi Pemasaran Dalam Perspektif Perilaku Konsume. IPB Press. https://webadmin-ipusnas.perpusnas.go.id/ipusnas/publications/books/124610




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v10i2.21251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.