PENGARUH PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN RM AW IMMANUEL RAWASARI JAKARTA
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan produk, harga dan promosi mempengaruhi kepuasan konsumen RM AW Immanuel Rawasari, Jakarta Timur. Metode penelitian ini menggunakan metode field research yaitu mengadakan observasi, wawancara dan penyebaran angket, juga dengan metode library research yaitu studi pustaka dengan membaca jurnal, buku dan internet, sifat data berupa data kualitatif dengan instrument penelitian berupa angket. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen RM AW Immanuel Rawasari, Jakarta Timur sebanyak 300 orang dan sampel penelitian ini yaitu 75 orang dari perhitungan menggunakan teknik random sampling dengan rumus Solvin.Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner.Sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis data dilakukan dengan SPSS Statistics 25 untuk memperoleh hasil pengolahan data berupa , uji uji normalitas, uji Multikolinieritas, uji Heteroskedastisitas dan uji F. Dari pengolahan data tersebut secara parsial menyatakan bahwa ada Pengaruh produk terhadap Kepuasan Konsumen, Ada Pengaruh Harga terhadap Kepuasan Konsurnen dan ada pengaruh Promosi terhadap Kepuasan Konsumen. Serta secara simultan adanya pengaruh antara produk, harga, dan promosi secara bersama-sama terhadap Kepuasan Konsumen RM Imanuel Rawasari Jakarta.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Alma, B. (2020). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Asdiantri, A., Fitrianingsih, Y., & Fitria, L. (2016). Analisis Potensi Nilai Ekonomi Sampah Perumahan Kota Pontianak. Jurnal Teknologi Lingkungan Lahan Basah, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.26418/jtllb.v4i1.17502
Asnawi, M., Widiarsih, D., Murialti, N., Darwin, R., Hidayat, M., & Hadi, M. F. (2017). Tingkatkan Omset dengan Facebook Ads. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 1(1), 67–71. https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i1.38
Avianty, V., & Waloejo, H. D. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Cafe Stove Syndicate Semarang. J+ UNESAurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(2), 67–72. https://doi.org/10.14710/jiab.2019.23662
Fallon, P. (2014). Service Quality And Customer Satisfaction In Chinese Food Sector. An International Jounal of Akdeniz University Tourism Faculty, 2(1), 30–53.
Firmansyah, M. A., & Mochklas, M. (2018). Analisa Strategi Produk,Harga,Promosi dan tempat terhadap Kepuasan pelanggan warung Giras di Surabaya. Jurnal Eksekutif, 15(1), 281–295.
Garoda, I. S. S. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Mcdonald’s Cijantung. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(6), 2834–2841. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i6.3109
Hamdun, E. K., & Romadhani, D. A. (2016). Pengaruh Produk,Harga, dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen pada roti Fatimah Bakery di Situbondo. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis GROWTH, 14(2), 31–48.
Leksono, A. W., Pamungkas, A. D., Suprapto, H. A., & Anggresta, V. (2022). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Omzet Penjualan pada UD Arida Tirta Jaya (FF Tirta) Jakarta Timur. FOCUS, 3(2), 122–128. https://doi.org/https://journal.neolectura.com/index.php/focus/article/view/849
Nurcahyani, L. (2018). Strategi Pengembangan Produk Kain Tenun Ikat Sintang. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 56–72. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.530
Pamungkas, A. D., Fahrudin, A., Kusuma, A. M., & Sutina. (2022). Pengaruh Kepercayaan diri, Peran orang tua, Keterampilan terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(8), 238–243. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/1710
Pamungkas, A. D., & Saputra, I. S. D. (2022). Seluk Beluk Perdagangan Luar Negeri. Purbalingga: Eureka Media Aksara.
Pamungkas, A. D., & Suprapto, H. A. (2020). Dasar-Dasar Manajemen dan Riset Pemasaran. Depok: CV Berkah Saintek.
Pamungkas, A. D., Wikantari, M. A., Setyastanto, A. M., Leksono, A. W., & Fahrudin, A. (2023). Monograf Studi Kelayakan Bisnis Lele Sangkuriang. Yogyakarta: CV Bintang Semesta Media. https://bintangpustaka.com/toko-buku/ekonomi/monograf-studi-kelayakan-bisnis-lele-sangkuriang
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontenporer. Bandung: Alfabeta.
Rizaldi, R. O., Bakkareng, & Hadya, R. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Honda Gajah Motor Cabang Khatib Sulaiman Kota Padang. Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen Dan Bisnis), 3(4), 754–767. https://ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/MJ/article/view/435/447
Setiawan, A., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen, 9(2), 114–126.
Setyawati, R. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen. INOVASI: Jurnal Ekonomi Keuangan Dan Manajemen, 19(1), 57–63. https://doi.org/10.30872/jinv.v19i1.12660
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Andi.
Wariki, G., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 1073–1085.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v10i2.20814
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.