PENGARUH CELEBRITY ENDOSER DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MASYARAKAT KOTA BATAM

Ary Prasetyo(1*), Rina Rina(2), Cindy Arora(3)

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Galileo
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Galileo
(3) Politeknik Negeri Batam
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara langsung variabel eksogen Celebrity Endorser ( ) dan variabel eksogen Media Sosial ( ) terhadap variabel endogen Keputusan Pembelian (Y) masyarakat kota Batam. Jenis penelitian explanatory melalui pendekatan model kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa kuesioner atau angket. Dalam pengumpulan datanya penelitian ini menggunakan teknik convenience sampling dengan sampel sebanyak 400 orang dari jumlah populasi warga kota Batam yang berjumlah 1.196.396 orang. Analisis dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan software AMOS version 24. Hasil dari penelitian ini variabel eksogen Celebrity Endorser ( ) berpengaruh secara positif signifikan tehadap variabel endogen Keputusan Pembelian ( ) dan eksogen Media Sosial ( ) berpengaruh secara positif dan signifikan tehadap variabel endogen Keputusan Pembelian ( ) masyarakat kota Batam. Besarnya pengaruh secara langsung variabel eksogen Celebrity Endorser dan variabel eksogen Media Sosial terhadap variabel endogen Keputusan Pembelian masyarakat kota Batam adalah sebesar 25,5%.


Keywords


Celebrity Endorser, Keputusan Pembelian, Media Sosial

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anas, A. A., & Sudarwanto, T. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian di EIGER Store Royal Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 953–958. https://doi.org/10.26740/JPTN.V8N3.P953-958

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam. (2020). Penduduk Kota Batam Hasil Sensus Penduduk Menurut Kecamatan dan Jenis Kelamin (Jiwa), 2000-2020. Kependudukan. https://batamkota.bps.go.id/indicator/12/66/1/penduduk-kota-batam-hasil-sensus-penduduk-menurut-kecamatan-dan-jenis-kelamin.html

Bate’e, M. M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli. JESYA (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 2(2), 313–324. https://doi.org/10.36778/JESYA.V2I2.108

Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). Tren Penggunaan Media Sosial Selama Pandemi Di Indonesia. PROFESSIONAL: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 7(2), 13–23. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/professional.v7i2

Lestari, P., & Saifuddin, M. (2020). Implementasi Strategi Promosi Produk Dalam Proses Keputusan Pembelian Melalui Digital Marketing Saat Pandemi Covid’19. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 3(2), 23–31. https://doi.org/10.15642/MANOVA.V3I2.301

Lukito, W. A., & D, A. F. (2020). Pengaruh Promosi dengan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Ortuseight Pada Masyarakat Tanjung Morawa. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 1(2), 90–95. https://djournals.com/arbitrase/article/view/105

Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Nasution, D. A. R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). JURNAL ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43–53. https://doi.org/10.36987/ECOBI.V7I1.1528

Ningsih, T. S., & Putri, S. L. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Erigo Melalui Instagram). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 22(2), 348–357. https://doi.org/10.47233/JEBD.V22I2.144

Novita, D., Astuti, L. S., Anggraini, F., & Lestari, P. (2020). Pengaruh Promosi Menggunakan Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Produk Be Glow Skincare. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 4(1), 161–165. https://doi.org/10.30998/SEMNASRISTEK.V4I1.2475

Permatasari, B. (2019). Pengaruh Daya Tarik, Kepercayaan, dan Keahlian Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian. TECHNOBIZ : International Journal of Business, 2(2), 76–81. https://doi.org/10.33365/TB.V2I2.446

Prasetyo, A. (2022). Analisis Pengaru Budaya Organisasi dan Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Menggunakan Struvtural Equation Model. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 8(4), 376–397. https://doi.org/10.30998/JABE.V8I4.12913

Purbohastuti, A. W., & Hidayah, A. A. (2020). Meningkatkan Minat Beli Produk Shopee Melalui Celebrity Endorser. JURNAL BISNIS TERAPAN, 4(1), 37–46. https://doi.org/10.24123/JBT.V4I1.2480

Ramdhan, J. M. (2019). Pengaruh Media Sosial dan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Distro House Of Smith. ALMANA : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(3), 534–544. https://doi.org/10.36555/ALMANA.V3I3.1267

Prasetyo, A. (2022). Analisis Pengaru Budaya Organisasi dan Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Menggunakan Struvtural Equation Model. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 8(4), 376–397. https://doi.org/10.30998/JABE.V8I4.12913

Ramdhan, J. M. (2019). Pengaruh Media Sosial dan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Distro House Of Smith. ALMANA : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(3), 534–544. https://doi.org/10.36555/ALMANA.V3I3.1267

Rohmah, N. N. (2020). Media Sosial Sebagai Media Alternatif Manfaat dan Pemuas Kebutuhan Informasi Masa Pandemik Global Covid 19 (Kajian Analisis Teori Uses And Gratification). Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.31764/JAIL.V4I1.2957

Sari, I. N., & Manurung, H. P. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Samsung di Kabupaten Asahan (Studi Kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Asahan). Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains (MES), 1(2), 1–9. https://core.ac.uk/download/pdf/288295572.pdf

Susanti, S., & Dyatmika, S. W. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser dan Iklan Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah (Studi kasus pada Follower Instagram Wardah Beauty). Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR), 1(1), 391–402. https://doi.org/10.36456/JSBR.V1I1.3033

Yasa, W. C., Wibisono, C., Gulo, E., & Prasetyo, A. (2020). Determination Compensation, Leadership, And Organizational Culture on Performance Through Employee Work Satisfaction. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(7), 8758–8764. https://doi.org/https://doi.org/10.37200/V24I7/19140




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v10i3.20561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.