PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE ZALORA INDONESIA DIMEDIASI WORD OF MOUTH

Sutarjo Sutarjo(1*), Toto Widiarto(2)

(1) Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (X1) dan citra merek (X2) terhadap keputusan pembelian (Y2) dimediasi word of mouth (Y1) pada produk marketplace Zalora. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Populasi yang belum diketahui pasti (infinity population), maka penulis menggunakan rumus Lemeshow dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen marketplace Zalora. dengan jumlah sampel 100 responden. Dengan teknik pengambilan sampel yakni accidental sampling. Analisis data cross section yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan alat analisis SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (3) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap word of mouth, (4) Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth, (5) word of mouth memediasi hubungan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian secara positif dan signifikan, (6) word of mouth memediasi hubungan citra merek terhadap keputusan pembelian secara positif dan signifikan

Keywords


Citra Merek, Keputusan Pembelian, Kualitas Pelayanan, Word of mouth

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alfianto, E. A., Fazizah, A., Mufida, N., Studi, P., Administrasi, I., Pasuruan, U. Y., Studi, P., Administrasi, I., & Brawijaya, U. (2018). Pengaruh Gaya Hidup, Reputasi Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Journal Homepage Https://Jurnal.Yudharta.Ac.Id/v2/Index.Php/SKETSABISNIS Pengaruh, 5(1), 1–14.

Dwiyanti, I. A. I., & Jati, I. ketut. (2019). Peran Cpv Sebagai Mediasi Pengaruh Kualitas Layanan Online Terhadap Keputusan Pembelian Di Kota Denpasar. Tjyybjb.Ac.Cn, 27(2), 58–66.

Ernawati, R. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663

Ghozali, I. (2021). Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan PARTIAL LEAST SQUARES (PLS). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. https://onesearch.id/Record/IOS13852.slims-315?widget=1

Hasyim, M., Fauzi, A., & Fanani, D. (2017). PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP WORD OF MOUTH DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015-2015/2016 Pembeli Handphone Samsung Galaxy). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 43(1), 148–156.

Ling, T. S., & Pratomo, A. W. (2020). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen The Highland Park Resort Hotel Bogor. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 1(1), 31–42. https://doi.org/10.37641/jipkes.v1i1.325

Lintang Sandya Peni Kristyani, F. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Luxcrime. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(8), 187–198.

Manik, C. D. (2021). PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT.ASTRA INTERNATIONAL, Tbk TOYOTA AUTO 2000 BUMI SERPONG DAMAI. Niagawan, 10(1), 36. https://doi.org/10.24114/niaga.v10i1.20179

Marantika, W., & Sarsono. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Word of Mouth, dan Store Image terhadap Keputusan Pembelian: Studi pada Pengunjung Toko Amigo Pedan. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(1), 114. https://doi.org/10.30588/jmp.v10i1.633

Patmala, H. S., & Fatihah, D. C. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Ukmmart Kartikawidya Utama. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 1154–1170.

Pratyaharani, H. P., Suroso, A. I., & Ratono, J. (2022). Pengaruh Harga, Citra Merek, Kualitas Produk dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Perlengkapan Bayi Bagi Ibu Milenial. Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Bisnis, 8(3), 846–855. https://doi.org/https://doi.org/10.17358/jabm.8.3.846

Putri, R. A. (2022). e-Commerce Indonesia Paruh Pertama 2022. IPrice Insight. https://iprice.co.id/insights/id/digital-economy/e-commerce-indonesia-paruh-pertama-2022/

Riyanto, D. F., Rachma, N., & Hufron, M. (2019). PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS ONLINE SHOPPING SHOPEE PADA MAHASISWA RUSUNAWA II UNIVERSITAS ISLAM MALANG). Jurnal Riset Pemasaran, 8(15), 145–157. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/4652

Sunarka, P. S., Bakhtiar, M. R., & Kartika, E. (2021). Pengaruh Wom, Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 2(1), 64–72




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v10i1.20410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.