PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN DAN EXPERIENTAL MARKETING TERHADAP MINAT BELI ULANG MAKANAN MELALUI KUALITAS PRODUK

Mutiara Putri Lestari(1), Siska Maya(2*), Adi Artino(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pelanggan dan experiental marketing secara simultan berpengaruh terhadap minat beli ulang makanan melalui kualitas produk pada Restoran Rempah Kita dan hubungan masing-masing variabel kepuasan pelanggan, experiental marketing dan kualitas produk terhadap minat beli ulang makanan pada Restoran Rempah Kita secara parsial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Objek penelitian ini adalah pengunjung Restoran Rempah Kita yang berlokasi di Senayan City Jakarta Pusat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah melalui kuesioner yaitu dengan mengambil sampel sebanyak 96 responden. Berdasarkan hasil uji T menunjukkan variabel kepuasan pelanggan secara langsung berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang, variabel experiental marketing secara langsung berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang, variabel kualitas produk secara langsung berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang, kepuasan pelanggan secara langsung berpengaruh signifikan terhadap kualitas produk, dan variabel experiental marketing secara langsung berpengaruh signifikan terhadap kualitas produk. Variabel kepuasan pelanggan dan experiental marketing secara simultan berpengaruh terhadap minat beli ulang. Hasil uji hipotesis menunjukkan variabel kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang melalui kualitas produk dan experiental marketing berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang melalui kualitas produk.


Keywords


Experiental Marketing, Kepuasan Pelanggan, Kualitas Produk, Minat Beli Ulang

Full Text:

PDF

References


Aditama, R. R., & Haryono, T. (2022). The Effect of Experiental Marketing on Repurchase Intention with Customer Safisfaction Mediation and Reputable Brand at Self Cooking Restaurant . International Journal of Economic Business And Accounting Research (IJEBAR), 553-560.

Amroni, Purbasari, D. M., & Aini, N. (2019). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang (Rebuying) Pada Toko Kue Yosin Di Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Industri (EBI), 1(1), 64-70.

Dominiq, A., Yuniarto, A., & Ellitan, L. (2021). Pengaruh Experiential Marketing dan Service Quality Terhadap Customer Satisfication dan Repurchase Intention pada Kafe Kopi Janji Jiwa Di SUrabaya. Jurnal Ilmiah Mahasisea Manajemen : JUMMA, 10(2), 52-61.

Harfania, F. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Experiental Marketing, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Restoran Ayam Geprek Sa'I Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 7(6), 581-591.

Hendarsono, G. (2013). Analisa Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Cafe Buntos 99 Sidoarjo. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1-8.

Imran, M. I. (2018). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Makanan Di Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Alauddin Kota Makassar. Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 50-64.

Kertajaya, H. (2010). Connect! Surving New Wave Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi 13 Jilid 1 ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Prinsip-Prinsip Manajemen (14 ed., Vol. 1). Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia: Erlangga.

Luthfia, Z., & Maya, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada MS Glow Skincare. Strategic: Journal of Management Science, 2(2).

Mastiur, H., Tawas, H., & Rogi, M. (2022). Pengaruh Experiential Marketing, Kualitas Makanan dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Ayam Geprek Bensu Manado. Jurnal EMBA, 10(4), 2109-2120.

Maulidya, A., Saroh, S., & Zunaida, D. (2021). Pengaruh Experiential Marketing dan Marketing Mix Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Semusim Cafe Kota Malang). Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 10(2), 205-212.

Miswanto, M., & Angelia, Y. R. (2019). The Influence of Customer Satisfaction on Trust, Word of Mouth, and Repurchase Intention: Case for Consumer of Souvenir Stores in Yogyakarta. In Proceeding of the 7th International Conference on Entrepreneurship and Business Management (ICEBM Untar 2018), 308-313.

Prasetya, W., & Yulius, C. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang: Studi pada Produk Eatlah. Jurnal Teknologi, 11(2).

Santi, E. R., & Supriyanto, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan dan Promosi Online Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus pada Sate Taichan Banjar D'licious). Jurnal Sains Manajemen dan Kewirausahaan, 4(1), 47-56.

Subagyo. (2018). Akuntansi Manajemen Berbasis Desain . Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v10i1.19689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.