Pengaruh Persepsi Pelayanan dan Fasilitas Ruang Tunggu terhadap Kepuasan Pelanggan di Bengkel PT. Mitra Pinasthika Mustika (MPM) Auto Nissan (Studi Kasus pada Bengkel MPM Auto Nissan Alam Sutera)
(1) Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh persepsi pelayanan dan
fasilitas ruang tunggu terhadap kepuasan pelanggan, di bengkel MPM Auto
Nissan Alam Sutera Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sampel dilakukan terhadap 78 orang pelanggan yang diambil secara random. Analisis data meliputi analisis deskriptif, koefisien regresi, kofisien korelasi, dan koefisien determinasi. Uji statistik yang digunakan uji F dan uji t dengan bantuan SPSS 16. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Mei sampai dengan bulan Agustus 2015. Hasil penelitian menunjukan: 1) Persepsi pelayanan dan fasilitas ruang tunggu secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien korelasi sebesar 0.739 dan koefisien determinasi sebesar 73.9 persen. Persamaan regresi yang terbentuk adalah Y = 1.988 + 0.266 X1 + 0.436 X2 dengan signifikansi regresi pada uji F diperoleh Fo = 105.948 dan sig. = 0.000 < 0.05. 2) Persepsi pelayanan memberikan pengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien regresi = 0.266 dengan nilai to = 5.848 dan nilai sig = 0,000 < 0,05. Dengan sumbangan mutlaknya sebesar 35.8 persen. 3) Fasilitas ruang tunggu memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien regresi = 0.436 dengan nilai to = 6.153 dan nilai sig = 0,000 < 0,05. Dengan sumbangan mutlaknya sebesar 38.1 persen. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan baik secara bersama-sama maupun secara parsial persepsi pelayanan dan fasilitas ruang tunggu terhadap kepuasan pelanggan.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Ismail, Yulianto. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT FIF Cabang Semarang. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Kotler, Philip. (2000). Marketing Management: Edisi Milenium. International Edition. New Jersey: Prentice Hall International, Inc.
______, Philip. (1997). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo
Laksana, Fajar. (2008). Pemasaran Jasa (Edisi 1). Yogyakarta: Graha Ilmu
Sunandar, D. (2010). Analisis Kepuasan Pelanggan dengan Metode Servqual yang Mempengaruhi Intensitas Pembelian Pelanggan pada Biro Perjalanan ABC. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Tjiptono, Fandy. (2001). Prinsip-prinsip Total Quality Service (TQS). Yogyakarta: Penerbit Andi.
______, Fandy. (2002). Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Penerbit Andi.
______, Fandy. 2006. Manajemen Pelayanan Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.
______, Fandy. 2008. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi II Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v3i4.1777
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.