Analisis Sistem Penilaian Kinerja Karyawan Studi pada PT. Tridharma Kencana

Eko Setiobudi(1*)

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tribuana Bekasi
(*) Corresponding Author

Abstract


Karyawan adalah aset bagi perusahaan. Oleh sebab itu, penilaian kinerja terhadap karyawan menjadi sangat penting untuk mengukur sistem tata kelola manajemen sumber daya manusia dalam rangka mencapai tujuan, visi dan misi perusahaan. Berbagai perusahaan terus mengembangkan sistem penilaian terhadap kinerja karyawannya. Salah satunya adalah PT. Tridharma Kencana, sebuah perusahaan EMS yang sudah beroperasi sejak puluhan tahun yang lalu. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara purposif. Pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, menyajikan data, dan membuat simpulan. Sejak tahun 2016, sistem penilaian kinerja karyawan dilakukan dengan mengunakan Key Performance Indicator (KPI), dimana proses penilaiannya dilakukan setiap 3 bulan sekali. KPI kemudian dikumpulkan selama satu tahun kemudian dibuat rata-rata atau rasionya. Aspek penilaian KPI yang dilakukan di PT. Tridharma Kencana meliputi beberapa aspek, yakni : (1) Value Acquisition Indicator, (2) General Performance Indicator, (3) Achievement Performance Indicator, (4) Personal Performance Indicator. Aspek-aspek ini kemudian diturunkan dalam indikator-indikator kinerja karyawan dengan kriteria SMART, yaitu specific, measurable, achievable, reasonable, time-based. Penilaian KPI di PT. Tridharma Kencana digunakan untuk mengukur kinerja orang per orang pada semua level dan grade jabatan. Selain itu juga digunakan untuk mengukur kinerja divisi, bagian dan departemen. Berdasarkan penelitian, KPI PT. Tridharma Kencana tahun 2016 diketahui hasilnya cukup baik dan memuaskan. 


Keywords


Manajemen SDM, Kinerja, Karyawan, KPI

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Cascio,W,F.(1998).Managing Human Resources. NewYork:McGraw-HillInc.

Creswell, John W. (2014), Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed (Terjemahan Edisi Ketiga), Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Emzir.(2012), Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif, Edisi Revisi, Jakarta; PT RajaGrafindo Persada.

Hatch, J. Amos. (2002), Doing Qualitative Research In Education Setting, New York : State University Of New York Press.

Iqbal, Ahma, Haider, Batool Ain.(2013).Impact of performance appraisal on employees performance involving the Moderating Role of Motivation,3,37-56,

Retrieved March 21,2014,from ProQuest.

Mondy,W.danNoe,R.M.2005).HumanResourceManagement(9thEdition).NewJersey:PearsonPrenticeHall.

Norman K. Denzin & Yvonna S. Lincoln (2009), Handbook of Qualitative Research (terjemahan), Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Peter H. Rossi, Howard E. Freeman & Mark W. Lipsey (1998), Evaluation, A Systematic Approach Sixth Edition, California: SAGE Publications.lnc.

Sugiyono,(2011).Metode Penelitian Kuantitatif, KualitatifdanR&D, Bandung: Alfabeta.

Straus, Anselm dan Corbin,Juliet.(2003), Dasar-dasar Penelitian Kualitatif: Tatalangkah dan Teknik-teknik Teoretisasi Data, Penerjemah, Muhammad Shodiq dan Imam Mutaqien, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v3i3.1768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.