Pengaruh Tingkat Leverage, Return On Equity dan Current Ratio terhadap Harga Saham Perusahaan Feed Animal Husbandry di Bursa Efek Indonesia

Ria Susanti Johan(1*), Desy Septariani(2)

(1) Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI
(2) Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris pengaruh Leverage,
Return On Equity dan Current Ratio terhadap harga saham pada perusahaan Feed
Animal Husbandry yang terdaftar di BEI periode 2008-2013. Teknik pengambilan
sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 5
perusahaan Feed Animal Husbandry. Data yang diperlukan dalam penelitian ini
diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode analisis data yang digunakan
adalah Regresi Linear Berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa Leverage,
Return On Equity, dan rasio lancar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Secara parsial variabel Return On Equity dan Rasio lancar berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Sedangkan variabel Leverage tidak
berpengaruh signifikan terhadap harga saham.


Keywords


Leverage, Return On Equity, Current Ratio and StockPrice

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Bernstein, A.Leopold dan John J.Wild. (2000). Financial Statement analysis, teory, aplication, and Interpretation, International Sixth Edition, Mcgraw-Hill Inc.

Hanum, Zulia. (2011). Pengaruh Earning Per Share dan Return On Equity terhadap Harga Saham pada Industri Barang Konsumsi yang Go Public. Kultura, Volume 12, No.1September 2011.

Hanafi, Mamduh M. dan Halim, Abdul. (2000). Analisis Laporan Keuangan, Yogyakarta : UPP AMP YKPN.

Ihsan, Muhammad. (2009). Pengaruh Current Ratio, Total Aset Turnover, Debt To Equity Ratio, dan Return On Investment terhadap Harga Saham Industri Apparel di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Percikan, Vol 96, Edisi Januari 2009. Fakultas Ekonomi, Universitas Jambi.

Kusumawardani, Angrawit. (2010). Analisis pengaruh EPS, PER, ROE, FL, DER, CE, ROA pada harga saham dan dampaknya terhadap kinerja perusahaan LQ45 yang terdaftar di BEI periode 2005-2009. JournalAkuntansi, Universitas Gunadarma.

Prasetyo, Andri. (2013). Pengaruh Leverage dan Profitabilitas terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2009-2011. Jurnal Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.

Singgih, Santoso. (2008). Buku Latihan SPSS Parametrik. Jakarta: PT. Alex Komputindo.

Septariani, Desy.(2013). Pengaruh Faktor Fundamental, Size Perusahaan dan Suku Bunga Terhadap Return Saham pada Perusahaan Food and Beverages yang Terdaftar Di BEI Periode 2006-2010. Jurnal Sosio eKons, Vol.5, No. 3, Agustus, Fakultas Pendidikan dan Pengetahun Sosial, Universitas Indraprasta PGRI.

Ulupui, IG. K. A. (2007). Analisis Pengaruh Rasio Likuiditas, Leverage, Aktivitas, dan Profitabilitas Terhadap Return Saham (Studi Pada Perusahaan Makanan dan Minuman dengan Kategori Industri barang Konsumsi di BEI).Fakultas Ekonomi, Universitas Udayana.

Van Horne, James C dan John M Wachowicz,Jr. 2005. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Buku Satu, Edisi Kedua Belas.Alih Bahasa oleh Dewi Fitria sari dan Deni Amos Kwary. Jakarta. Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v3i3.1764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.