Shopping Convenience UMKM Jakarta dan Yogyakarta melalui Viral Marketing Media Fanpage

Tjipto Djuhartono(1*), Ai Annisaa Utami(2), Wening Estiningsih(3)

(1) Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI
(2) Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI
(3) Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui shopping convenience konsumen
UMKM yang mengarah pada keuntungan yang di terima oleh konsumen dan
kualitas yang diterima oleh konsumen karena pembelian secara on line melalui
viral marketing media fanpage. Metode penelitian dilakukan secara deskriptif
yang bersifat follow up study dengan objek penelitian UMKM yang terdapat di
Yogyakarta dan Jakarta, teknik sampling dilakukan secara purposive. Indikator
Shopping convenience yang dibahas dalam penelitian ini adalah ease of use dan
usefulness. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa viral marketing dengan
media fanpage meningkatkan shopping convenience konsumen dalam melakukan kegiatan transaksi jual beli online. Tingkat shopping convenience konsumen atas ease of use dimana konsumen percaya bahwa teknologi fanpage dapat digunakan dengan mudah dan bebas dari masalah sebesar 86% masuk dalam klasifikasi sangat setuju dari total responden, sedangkan shopping convenience konsumen atas usefulness sebesar 79% masuk dalam klasifikasi setuju dimana konsumen percaya bahwa penggunaan fanpage akan meningkatkan performa mereka dalam membeli dan memilih barang secara online


Keywords


UMKM, Shopping Convenience, Fanpage, Viral Marketing

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Cruz, Danilo. (2008). Evaluating viral marketing: isolating the key criteria.

Marketing Intelligence & Planning, Volume 26 No.7

Datta, Palto R.et.al. (2005). Viral Marketing: New Form of Word-of-Mouth

through Internet. The Business Review, Cambridge, Voume 3, No. 2

Davis, F.D. (1989). Perceived Usefullness. Perceived Ease of Use of Information Technology. Management Information System Quarterly. 13(3): 319-340.

Deloitte. (2015). UMKM Pemicu Kemajuan Indonesia: Instrumen Pertumbuhan Nusantara. Jakarta

Gefen, D., Karahanna, E. & Straub, D.W. (2003). Trust and TAM in Online Shopping: An Integrated Model. Management Information System Quarterly. 27(1): 51-90.

Hong, J., Thong, J. & Yan, K.T. (2006). Understanding Continued Information Technology Usage Behavior: A Comparison of Three Models in the Context

of Mobile Internet, Decision Support Systems. 42(3): 1819-1834.

Porter dan Golan (2006). Word of Mouth and Viral Marketing: Taking the

Temperature of the Hottest Trends in Marketing. Journal of Consumer Marketing, Vol. 25 No. 3

Rahmana. (2008). Manajemen Pemasaran UMKM. Jakarta: Salemba Empat.

Swanepoel, Celeste et.al. (2009). Virally inspired: A review of the theory of viral stealth marketing. Australasian Marketing Journal, Volume 17, Iss.

Thompson, R. & Howell, H. (1991). Personal Com- puting: Toward a Conceptual Model of Utili- zation. Management Information System Quarterly. 15(1): 125:143.

Scott, David Meerman. (2007). The New Rules of Marketing and PR. John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey

Shukla, Timira. (2010). Factors Affecting Internet Marketing Campaigns with Reference to Viral and Permission Marketing. The IUP Journal of Management Research, Vol. IX No. 1




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v3i2.1763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.