ANALISIS PENENTUAN USAHA BIMBINGAN BELAJAR (BIMBEL): WARALABA vs NIRWARALABA di KABUPATEN BEKASI

Mima Nizma Al Kahf(1*), Abdurahman Abdurahman(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model lembaga Bimbingan Belajar (Bimbel) yang layak di Bekasi, Jawa Barat. Coba bandingkan kelebihan dan kekurangan waralaba yang merupakan salah satu model bisnis yang paling dikenal daripada Non-Waralaba (usaha mandiri). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk menjawab permasalahan yang ditemukan peneliti dan melakukan analisis terhadap fenomena yang terjadi di lembaga bimbingan belajar dengan analisis SWOT untuk mengkaji kekuatan dan peluang kemudian dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mengurangi kelemahan dan ancaman. Setelah dilakukan analisis SWOT dan perumusan strategi baru, ternyata Bimbel masih mendapatkan kendala strategi dari berbagai sektor. Lebih jauh lagi, Bimbel membutuhkan strategi bisnis yang dijalankan dengan baik dalam memilih Franchising daripada Non-Franchising (usaha mandiri). Penelitian ini menggali data dengan menggunakan 6 Bimbel yang terdiri dari 3 Waralaba dan 3 Bimbel lainnya Non Waralaba yang kesemuanya dioperasikan di Bekasi.


Keywords


Analisis SWOT, Lembaga Bimbingan Belajar, Strategi Bisnis

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aurini, J., & Davies, S. (2004). The transformation of private tutoring: Education in a franchise form. Canadian Journal of Sociology, 29(3), 419–438. https://doi.org/10.2307/3654674

Bray, M., & Lykins, C. R. (2012). Shadow Education: Private Supplementary Tutoring and Its Implications for Policy Makers in Asia. Asian Development Bank. https://www.adb.org/publications/shadow-education-private-supplementary-tutoring-and-its-implications-policy-makers-asia

Christensen, S., Grønbek, T., & Bækdahl, F. (2021). The Private Tutoring Industry in Denmark: Market Making and Modes of Moral Justification. ECNU Review of Education, 4(3), 520–545. https://doi.org/10.1177/2096531120960742/ASSET/IMAGES/LARGE/10.1177_2096531120960742-FIG5.JPEG

Davies, S., & Aurini, J. (2006). The franchising of private tutoring: A view from Canada. Phi Delta Kappan, 88(2), 123–128. https://doi.org/10.1177/003172170608800209/ASSET/003172170608800209.FP.PNG_V03

Gideon, S. (2018). PERAN MEDIA BIMBINGAN BELAJAR ONLINE “RUANGGURU” DALAM PEMBELAJARAN IPA BAGI SISWA SMP DAN SMA MASA KINI: SEBUAH PENGANTAR. Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(2), 167–182. https://doi.org/10.51212/JDP.V11I2.813

Hariatama, F. (2021). Analisis SWOT Terhadap Pelaksanaan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pada Lembaga Pendidikan Prima Mandiri Utama Palangka Raya. Edunomics Journal, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.37304/EJ.V2I1.2078

Hasanah, H. (2017). Franchise di Kota Tembilahan. Selodang Mayang: Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, 3(2), 100–107. https://doi.org/10.47521/SELODANGMAYANG.V3I2.59

Herita, R., Bakkareng, & Yulistia. (2021). Analisa Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Jumlah Konsumen Pada Lembaga Lendidikan Ganesha Operation di Kota Solok. Matua Jurnal: Jurnal Pengembangan Manajemen Bisnis, 3(3), 523–538. https://ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/MJ/article/view/382

Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 78, 1 (2003). https://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Rahman, S. A. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Pada Lembaga Kursus dan Bimbingan Belajar Education Zone. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 2(2), 158–163. https://doi.org/10.47065/EKUITAS.V2I2.634

Ramadhayanti, A. (2018). Analisis Strategi Belajar dengan Metode Bimbbel Online terhadap Kemampuan Pemahaman Kosa Kata Bahasa Inggris dan Pronounciation (Pengucapan/Pelafalan) Berbahasa Remaja Saat Ini. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(1), 39–52. https://doi.org/10.24176/KREDO.V2I1.2580

Rangkuti, F. (2008). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis: Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21 (15th ed.). Gramedia Pustaka Utama. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=676432

Rivai, M. (2012). Pengaturan Waralaba Di Indonesia: Perspektif Hukum Bisnis. Liquidity: Jurnal Riset Akuntansi Dan Manajemen, 1(2), 159–166. https://doi.org/10.32546/LQ.V1I2.146

Rizal, M., & Paujiah, S. (2018). Strategi Pemasaran Pada Lembaga Bimbingan Belajar Go Smart Banjarabru. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 4(1), 077–086. https://doi.org/10.35972/JIEB.V4I1.191

Salar, M., & Salar, O. (2014). Determining Pros and Cons of Franchising by Using Swot Analysis. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 122, 515–519. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2014.01.1385

Suherman, U. (2019). Bimbingan Belajar (pp. 1–22). Universitas Pendidikan Indonesia. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI_PEND_DAN_BIMBINGAN/195903311986031-SUHERMAN/Bimbingan_Belajar.pdf

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa- Prinsip, Penerapan Dan Penelitian Edisi Terbaru (1st ed., Issue March). Andi Publisher. https://andipublisher.com/produk/detail/pemasaran-jasa-prinsip-penerapan-dan-penelitian-edisi-terbaru

Wiswasta, I. G. N. A., Agung, I. G. A. A., & Tamba, I. M. (2018). Analisis SWOT (Kajian Perencanaan Model, Strategi, Dan Pengembangan Usaha) (I. K. Sumantra (ed.); 1st ed.). Universitas Mahasaraswati Press. www.unmas.ac.id

Wulandari, I. G. A. A., & Suastika, I. N. (2022). Bisnis Waralaba Bidang Pendidikan Ditinjau Dari Perspektif Tri Hita Karana: Studi Literasi. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 116–127. https://doi.org/10.37329/CETTA.V5I2.1525

Yin, R. K. (2015). Qualitative Research from Start to Finish: Second Edition (2nd ed.). Guilford Press. https://www.guilford.com/books/Qualitative-Research-from-Start-to-Finish/Robert-Yin/9781462517978




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v10i3.17394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.