PENGARUH E-COMMERCE DAN FINANCIAL TECHNOLOGY TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh e-commerce dan financial technology terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Sampel yang digunakan adalah 80 mahasiswa yang berdomisili di JABODETABEK. Pengumpulan data melalui kuesioner. Teknik analisis menggunakan analisis kuantitatif regresi linear berganda. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa e-commerce dan financial technology baik secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
’Ainy, Z. N. (2020). Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Di Kelurahan Karang Panjang Kota Ambon. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 4(2), 226–235. https://doi.org/10.29408/jpek.v4i2.2672
Anggaraeni, M., & Widayati, S. (2022). Pengaruh Penggunaan E-Commerce terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ivet Semarang Info Articles. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 3(2), 43–50. https://doi.org/10.31331/jeee.v3i2.2390
Arif, M. (2022). Profil Internet Indonesia 2022
Armelia, Y., & Irianto, A. (2021). Pengaruh Uang Saku dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. EcoGen, 4(3), 418–426. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/index
Chusnah, & Indriana, K. T. (2020). Pengaruh Kemudahan dan Keamanan terhadap Kepuasan Konsumen Fintech. KINERJA Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(1).
Erlangga, M. Y., & Krisnawati, A. (2020). Pengaruh Fintech Payment terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Mahasiswa. JRMB, 15(1), 53–62.
Insana, D. R. M., & Johan, R. S. (2020). Analisis Pengaruh Penggunaan Uang Elektronik terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI. Journal of Applied Business and Economics (JABE), 7(2), 209–224.
Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., & Harlina, D. (2017). Perilaku Konsumtif di Kalangan Remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1–6. http://jurnal.iicet.org/index.php/jrti
Noviyanti, A., & Erawati, T. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan dan Efektivitas terhadap Minat Menggunakan Financial Technology (Fintech) (Studi Kasus: UMKM di Kabupaten Bantul). Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Finansial Indonesia, 4(2), 65–74. https://m.medcom.id/ekonomi/mikro/8N0V8mAk-umkm-dongkrak-pertumbuhan-
Pradana, M. (2015). Klasifikasi Jenis-jenis Bisnis E-Commerce di Indonesia.
Rachmawati, A. L. (2019). Analisis Pengaruh E-commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Kasus Pda Mahasiswa di Prodi Manajemen Universitas Tidar). Jurnal Online Mahasiswa Manajemen, 1(1), 1–5. https://id.wikipedia.org/wiki/Penelitian_kualitatif
Rahima, P., & Cahyadi, I. (2022). Pengaruh Fitur Shopee Paylater terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Mataram. Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.30812/target.v4i1.2016
Ray, M. J. K., Mashudi, & Herkulana. (2022). Pengaruh Penggunaan Fintech Mobile Payment dan Aplikasi Belanja Online terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNTAN. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 11(9), 1331–1339. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i9.57907
Rismayanti, T., & Oktapiani, S. (2020). Pengaruh Uang Saku dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa. Nusantara Journal of Economics (NJE), 2(2), 31–37. www.wartaekonomi.co.id,
Salsabila, R., & Nio, S. R. (2019). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Hukum UBH Pengguna Shopee. Jurnal Riset Psikologi , 1(4), 1–12. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/psi/article/view/7969
Saputra, A. (2019). Survei Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Kota Padang Menggunakan Teori Uses and Gratification. BACA: JURNAL DOKUMENTASI DAN INFORMASI, 40(2), 207. https://doi.org/10.14203/j.baca.v40i2.476
Saputro, L. A., Khosmas, F. Y., & Basri, M. (2021). Pengaruh E-Commerce terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(1), 1–10.
Shomad, A. C., & Purnomosidhi, B. (2012). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi RisikoTerhadap PerilakuPenggunaanE-Commerce. JUrnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1(2), 1–20.
SkalaNews.com. (2019, February 28). Kemkominfo: Pertumbuhan e-Commerce Indonesia Capai 78 Persen. Kemkominfo. https://www.kominfo.go.id/content/detail/16770/kemkominfo-pertumbuhan-e-commerce-indonesiacapai-78-persen/0/sorotan_media
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Susanto, P. A., & Savira, S. I. (2021). Hubungan Antara Konformitas dengan Perilaku Konsumtif Pengguna E-Commerce Marketplace. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(9), 131–141.
Yustati, H. (2022). Perspektif Ekonomi Islam terhadap Perilaku Konsumtif Melalui E-Commerce pada Generasi Millenial di Era Covid 19. JURNAL AGHINYA STIESNU BENGKULU, 5(1), 16–25.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v9i3.16620
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.