PENGARUH KREATIVITAS DAN PENGETAHUAN DIGITAL EKONOMI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS PROF. DR. MOESTOPO (BERAGAMA)

Budi Harsono(1*), Elin Karlina(2)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan pengangguran terdidik yang ada di Indonesia sangat memprihatinkan karena mereka yang seharusnya dapat menggunakan ilmunya untuk mencari pekerjaan tetapi sebaliknya, para mahasiswa harus rela tidak memiliki pekerjaan. Oleh karena itu, untuk mengurangi pengangguran terdidik tersebut, kreativitas pada mahasiswa harus dikembangkan agar mahasiswa memiliki minat berwirausaha sehingga mahasiswa mampu membuka usahanya sendiri dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain dan pengetahuan digital ekonomi para mahasiswa dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas dan pengetahuan digital ekonomi terhadap minat berwirausaha. Metode penelitian menggunakan survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) yang berjumlah 300 mahasiswa. Sampel penelitian berjumlah 30 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS Versi 2022. Hasil penelitian adalah: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas terhadap minat berwirausaha mahasiswa, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan pengetahuan digital ekonomi terhadap minat berwirausaha mahasiswa, dan (3) Terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas dan pengetahuan digital ekonomi secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)


Keywords


Kreativitas, Minat Berwirausaha, Pengetahuan Digital Ekonomi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aprillia, H. (2020). Pengaruh Kreativitas, Motivasi dan Sifat Kepribadian Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara. Universitas Tarumanagara Jakarta. http://repository.untar.ac.id/30268/

BPS. (2022). Tingkat Pengangguran Terbuka. BPS yang dikutp dari https://www.bps.go.id/pressrelease/2022/11/07/1916/agustus-2022--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-86-persen-dan-rata-rata-upah-buruh-sebesar-3-07-juta-rupiah-per-bulan.html

Ernawati, E. (2021). Kreativitas terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Keperawatan Silampari, 5(1), 240-245.

Fajar, A., Syam, A., Rakib, M., & Tahir, T. (2020). Pengaruh Pengetahuan dan Kreativitas Kewirausahaan terhadap Minat Berwirusaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makssar. Indinesian Journal of Social and Educational Studies, 1(2), 34–43. https://ojs.unm.ac.id/ijses/article/view/17460

Hasmiah, J., Tahir, T., Hasan, M., & Said, I. (2021). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Literasi Digital Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Indonesian Journal of Economics, Entrepreneurship, and Innovation, 2(1), 18-27.

Ibrahim, M. M. (2020). Pengaruh Kreatifitas, Lingkungan Sosial dan Keluarga, dan Modal terhadap Minat Wirausaha (Doctoral dissertation, Thesis. Universitas Ahmad Dahlan).

Karimah, A., & Kramadibrata, B. S. (2022). Pengaruh Kreativitas Dan Keterampilan Manajerial Terhadap Intensi Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Media Nusantara Citra). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan, 1(3), 419-430.

Laksono, W. B., & Soleh, M. (2022). Pengaruh Pelatihan Kewirausahaan, Religiusitas, Kreativitas Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening. Indonesian Journal of Islamic Economics and Business, 7(1), 1-22.

Leonadi, S. (2017). Pengaruh Motivasi dan Kreativitas terhadap Minat Mahasiswa dalam Berwirausaha (Doctoral dissertation, Unika Soegijapranata Semarang).

Maharani, A. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial, Kreativitas, Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Di Jakarta (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta).

Nanda, A. D., & Sudiana, K. (2022). Pengaruh Digital Literacy dan Locus of Control terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(1), 49-55.

Nengseh, R. R., & Kurniawan, R. Y. (2021). Efikasi Diri Sebagai Mediasi Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 9(2), 156-167.

Notoatmodjo S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nurikasari, F., Bakar, A., & Hariani, L. S. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Kreativitas, Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 1(2). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrpe/article/view/1394

Putri, D. Y., & Jayatri, F. (2021). Pengaruh Penguasaan Literasi Digital Serta Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa STKIP PGRI Lumajang. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 9(2).

Pandiangan, P. (2022). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Literasi Digital Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan).

Pengastuti, N. K. F. A. (2022). Pengaruh Kreativitas dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Universitas Pendidikan Ganesha (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Purwanty, W. (2022). Pengaruh Kreativitas dan Modal Usaha Terhadap Minta Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN STS Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Rossa. (2022). Tingkat Pengangguran Terdidik Di Indonesia Capai 84 Juta Akibat Kurang Terasahnya Kemampuan Wirausaha yang dikutip dari https://www.suara.com/lifestyle/2022/07/27/191138/tingkat-pengangguran-terdidik-di-indonesia-capai-84-juta-akibat-kurang-terasahnya-kemampuan-wirausaha.

Santoso. (2009). Lingkungan Tempat Tinggal Menentukan Minat Berwirausaha. FKIP. UNS (Laporan Penelitian). Surakarta : UNS

Susanto. (2022). Kontribusi Ekonomi Digital. Yang dikutip dari https://nasional.kontan.co.id/news/kontribusi-ekonomi-digital-diramal-capai-1887-dari-pdb-indonesia-pada-2030

Tapscott, D. (2014). The Digital Economy Anniversary Edition: Rethinking Promise and Peril in the Age of Networked Intelligence ,New York, NY: McGraw-Hill, 2014 Reviewed by Howard A. Doughty.

Tasidjawa, S., Amin, M., & Afifudin, A. (2021). Pengaruh Kreativitas dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang. Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 10(13).

Tuzzahrok, F. S., & Murniningsih, R. (2021). Pengaruh motivasi dan kreativitas dalam membentuk jiwa kewirausahaan terhadap womenpreneur. In UM Magelang Conference Series (pp. 765-769).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v9i4.16400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.