STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN USAHA KECIL MENEGAH MELALUI E-COMMERCE Studi Kasus : Mitra UKM Perusahaan X

Siska Maya(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Usaha Kecil Menengah (UKM) berkontribusi banyak terhadap
perekonomian Indonesia. Hal ini tercermin dari penyerapan jumlah tenaga kerja. Perkembangan UKM menjadi meningkat menjadikan persaingan dipasar semakin ketat. Pemerintah berperan melindungi Usaha Kecil Menengah melalui kebijakan
yang proaktif. Usaha Kecil Menengah juga perlu melakukan perluasan pasar agar semakin berkembang usahanya. Salah satu cara mengembangkan pasar bisa melalui  e-commerce. Berdasarkan hal ini, perlu diketahui perkembangan penjualan produk UKM melalui e-commerce,  strategi apa yang dilakukan UKM melalui  e-commerce, dan sektor usaha apa saja yang mengalami peningkatan penjualan. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu diperoleh dari hasil wawancara langsung oleh pihak internal perusahaan x dan juga data sekunder yaitu melalui literatur dan juga data mitra UKM perusahaan x. Hasil Penelitian menunjukan bahwa strategi penjualan melalui  e-commerce  mengalami peningkatan sebesar 348% dari tahun 2014 ke tahun 2015. Peningkatan juga terjadi tahun 2015 sampai Juli 2016 sebesar 25%. Hal yang dilakukan pengusaha
melalui e-commers yaitu pendekatan kepada pelanggan dan memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi pembelian. Sektor usaha yang diminati pasar adalah sektor makanan (food), fashion dan rumah tangga.

Keywords


Strategi Bisnis, Usaha Kecil Menengah (UKM), E-commers

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v2i3.1489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.