EKSISTENSI UMKM PEREMPUAN DI MASA KRISIS: KAJIAN TANTANGAN DAN PELUANG DI KOTO TANGAH KOTA PADANG

Elsa Widia(1*), Sri Mona Octafia(2)

(1) Universitas Perintis Indonesia
(2) Universitas Perintis Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


UMKM merupakan salah satu penopang perekonomian di Indonesia dan berkontribusi besar dalam penurunan angka pengangguran. Belakangan ini diketahui bahwa UMKM di Indonesia lebih banyak di jalankan oleh Wanita dengan persentasi lebih dari 60 persen. Namun situasi pandemi Covid-19 membawa mereka dalam situasi yang sulit. Sehingga tak jarang mereka memutuskan untuk berhenti secara sementara maupun secara permanen. Penelitian ini mencoba menelusuri eksistensi UMKM perempuan di Koto Tangah yang membahas tentang tantangan dan peluang di situasi krisis.  Tantangan yang akan dibahas seperti akses pasar, akses keuangan, dan ketimpangan teknologi. Sedangkan dibagian peluang akan menjelaskan mengenai system pendukung dan teknologi digital. Penelitian ini mengangkat permasalahan dalam UMKM perempuan di Koto Tangah Kota Padang Sumatera Barat menggunakan data primer. Untuk meningkatkan hasil analisis maka digunakan metode kualitatif dan wawancara terstruktur untuk kajian yang lebih mendalam.  Kajian ini juga dilengkapi dengan analisis kuantitatif dianalisis melalui frekuensi variable, selisih antar variable, dan tabulasi silang. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa UMKM perempuan di Koto Tangah merasakan imbas yang besar akibat pendapatan yang menurun. Mereka mengalami masalah dalam mengakses pasar yang lebih luas akibat penguasaan teknologi yang relative lebih rendah. Sehingga mereka memerlukan bantuan tidak hanya berkaitan dengan modal namun juga pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan inovasi serta kemampuan dalam pembukuan keuangan dan pemasaran digital


Keywords


Eksistensi, Peluang, Tantangan, UMKM Perempuan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adrian, A. (2019). Empowerment Strategies of Micro, Small, Medium Enterprises (MSMEs) to Improve Indonesia Export Performance International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 2(04), 50–60. https://doi.org/10.29040/ijebar.v2i04.222

Aisyah, S. (2020). Damoak Pandemi Covid-19 Bagi UMKM Serta Strategi E- Marketing UMKKM di Indonesia.

Apbn & Pembiayaan, (2021). Umkm: perkembangan dan dukungan pemerintah melalui apbn. 1–9.

Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera barat. (2020). Analisa Hasil Survei Dampak Covid-19 terhadap Pelaku usaha Provinsi Sumatera Barat Edisi Juli 2020 (p. 30).

Brockner, J. (2008). Toward an Understanding of When Executives See Crisis as Opportunity. 44(1), 94–115. https://doi.org/10.1177/0021886307313824

Budilaksono, S., Suryani., Tini, & Gorda, R. (2021). Challenges and Opportunities for Women-Owned MSMEs in Bali : Impact of Covid-19. 11(11), 179–184. https://doi.org/10.29322/IJSRP.11.11.2021.p11923

Carranza, E., Dhakal, C., & Love, I. (2018). Female Entrepreneurs : How and Why Are They Different ? 20.

Dading, A., Lesmana, H., & Fachrizah, H. (2022). Dealing with the COVID-19 Pandemic in Indonesia : MSMEs' Coping Strategy , Recovery Path , and Business Transformation. 11(1), 25–62.

Dia Mawesti, et all. (2018). Inklusi Keuangan Bagi Perempuan: Akses dan Pemanfaatan Kredit Usaha Rakyat. Perkumpulan PRAKARSA.

Febriani. (2012). Peran Wanita Dalam Mengembangkan Usaha Kecil dan Menengah di Kota Padang. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(September), 10–20.

ILO. (2020). Survey of Women Leading Micro, Small and Medium Businesses About the Main Challenges They Face as a Result Of the Coronavirus Crisis. July.

James, E. H., & Wooten, L. P. (2011). The Academy of Management Annals Crisis Management : Informing a New Leadership Research Agenda. September 2013, 37–41. https://doi.org/10.1080/19416520.2011.589594

Keil, M., & Keil, M. (2008). ScholarWorks @ Georgia State University Understanding Digital Inequality : Comparing Continued Use Behavioral Models of the Socio-economically Advantaged and Disadvantaged.32(1), 97–126.

Kuckertz, A., Brändle, L., Gaudig, A., Hinderer, S., Arturo, C., Reyes, M., Prochotta, A., Steinbrink, K., & Berger, E. S. C. (2020). Startups in times of crisis – A rapid response to the COVID-19 pandemic. Journal of Business Venturing Insights, e00169. https://doi.org/10.1016/j.jbvi.2020.e00169

Maulida.,Yunani. (2019). Peluang dan Tantangan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) Dari Berbagai Aspek Ekonomi.

Paul, J., Parthasarathy, S., & Gupta, P. (2017). Exporting challenges of SMEs: A review and future research agenda. Journal of World Business, 52(3), 327–342. https://doi.org/10.1016/j.jwb.2017.01.003

Pergelova, A., Manolova, T., Simeonova-ganeva, R., & Yordanova, D. (2018). Democratizing Entrepreneurship ? Digital Technologies and the Internationalization of Female-Led SMEs. 00(00), 1–26. https://doi.org/10.1111/jsbm.12494

Raharja, J., & Natari, S. U. (2021). Optimalisasi Penggunaan dan Pengelolaan Media Digital L. 4(1).

Rosmadi, M. L. N. (2021). Inovasi dan Kreativitas Pelaku Usaha UMKM di Era Covid-19. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(2), 87–94.

Singgih Moh. Nur. (2020). Strategi Penguatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai Refleksi Pembelajaran Krisis Ekonomi Indonesia. Jurnal Ekonomi Moderenisasi Fakultas Ekonomi, 218–227.

Sultan, S. (2020). Women MSMEs in times of crisis : challenges and opportunities. November, 6–7. https://doi.org/10.1108/JSBED-06-2020-0226

Team, T. S. R. I. research. (2022). Men- and women-owned / led MSMEs and the COVID-19 policy responses in Indonesia.

Terjesen, S. (2004). Senior women managers' transition to entrepreneurship. https://doi.org/10.1108/13620430510598355

UNWOMEN BANGLADESH. (2020). Policy Brief Supporting The Recovery Of Women Entrepreneurs and Women's Micro, Small, and Medium Enterprises From the Impact of Covid-19 in Bangladesh.

Wei, L. C. (2016). Why Women-Owned Businesses in Indonesia Stay Small. 1–16.

Widia, E. (2021). Diseminasi Penggunaan Sosial Media dalam Perluasan Sebaran Pemasaran pada Produk UMKM. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 99–114. https://doi.org/10.35309/dharma.v2i1.5234

Widia, E., & Octafia, S. M. (2022). Women MSMEs in a Time of Crisis : Assessment of Challenges and Opportunities. 24509–24518.

Williams, T. A., Gruber, D. A., Sutcliffe, K. M., & Shepherd, D. A. (2017). Organizational Respose to Adversity: Fusing Crisis Management and Resilience Reseach Streams. 11(2), 733–769.

World Bank. (2009). Indonesia Country Profile 2009. 1–15.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v9i2.14622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.