PENGARUH NILAI BUDAYA BISNIS PADA MASYARAKAT MINANGKABAU TERHADAP PERILAKU KEWIRAUSAHAAN PEDAGANG PERANTAU DI TANAH ABANG

Novidya Yulanda(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini berawal dari semakin meningkatnya jumlah usaha perdagangan besar, kecil, rumah makan dan hotel yang menciptakan banyaknya wirausaha. Dengan adanya  pandangan bahwa kunci sukses seorang entrepreneur sangat tergantung dari sikap dan perilaku mereka, maka budaya merupakan salah satu faktor yang berperan dalam kewirausahaan dimana terdapat nilai-nilai budaya tertentu yang mendukung peningkatan potensi-potensi yang ada dalam diri seorang wirausaha.Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai budaya bisnis pada masyarakat Minangkabau terhadap perilaku kewirausahaannya.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey explanatory dan unit analisis yang digunakan adalah pedagang perantau bersuku Minangkabau di Pasar Tanah Abang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner
dengan jumlah responden sebanyak 400 orang yang dipilih secara random. Alat analisis dalam penelitian ini adalah uji validitas, reliabilitas dan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, budaya   Uncertainty Avoidance, Masculinity-Femininity dan Long And Short Time Orientation berpengaruh signifikan terhadap perilaku kewirausahaan.  Sedangkan Power Distance berpengaruh berlawanan terhadap minat berwirausaha dan Individualism-
collectivism tidak mempunyai pengaruh terhadap perilaku kewirausahaan. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa masih ada faktor lain   yang berpengaruh terhadap perilaku kewirausahaan.


Keywords


Budaya Bisnis, Budaya Minangkabau, dan Perilaku Kewirausahaan

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v2i1.1457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.