ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK AKTE KELAHIRAN DI KODYA JAKARTA SELATAN

Indra Setiawan Purba(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pelayanan publik merupakan segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang publik maupun jasa publik yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh instansi pemerintah.Akte kelahiran merupakan hak dasar
seorang warganegara untuk memperoleh berbagai hak dasar seperti kesehatan dan pendidikan , akte kelahiran yang di terima masyarakat erat kaitannya dengan pelayanan publik yang diberikan. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui
tingkat pelayanan publik pada pelayanan akte kelahiran  di Kotamadya Jakarta selatan. Dalam kenyataannya padatahun 2011 data BPS mencatat secara nasional anak usia 0-18 tahun yang telah memiliki akta kelahiran hanya mencapai sekitar
64%. Besarnya jumlah akte kelahiran sangat terkait dengan pelayanan pada Suku Dinas Dukcapil di wilayah Jakarta Selatan tempat penelitian ini. Dari penelitian ini diketahui bahwa ada gap antara apa yang di harapkan oleh masyarakat dan
pelayanan actual yang diterima masyarakat dalam elemen kualitas jasa (service quality).

Keywords


Indeks Kepuasan Masyarakat, Pelayanan akte kelahiran, Suku Dinas Dukcapil, Jakarta Selatan

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v1i4.1441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.