PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA STARBUCKS COFFEE DI KOTA MAKASSAR

Jusni Ambo Upe(1*), Ahmadi Usman(2)

(1) Universitas Hasanuddin
(2) Politeknik Negeri Ujung Pandang
(*) Corresponding Author

Abstract


Konsep green marketing sekarang ini mengalami perkembangan disebabkan adanya tuntutan masyarakat yang peduli terhadap lingkungan. Atas dasar tuntutan ini, banyak perusahaan telah sadar bahwa perlunya mengimplementasikan konsep green marketing dalam rangka memberikan kepuasan kepada konsumen. Selain itu, kepuasan pelanggan diduga dapat berpengaruh kuat terhadap loyalitas pelanggan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh green marketing terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi pada Starbucks Coffee di Makassar. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 250 mahasiswa di tiga perguruan tinggi di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penggunaan metode analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa green marketing memiliki hubungan signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan berdasarkan aspek pengaruh langsung maupun tidak langsung


Keywords


green marketing, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan, Starbucks Coffee

Full Text:

PDF

References


Astuti, M. D., Astuti, M., & Sholihah, D. R. (2021). Pengaruh 4p Green Marketing Mix Terhadap Kepuasan Pelanggan Bloomka Skincare. Prosiding SENAPENMAS, 1311–1338.

Chiguvi, D., & Guruwo, P. T. (2017). Impact of customer satisfaction on customer loyalty in the banking sector. International Journal of Scientific Engineering and Research (IJSER), 5(2), 55–63.

Choi, Y. G., & Hyun, S. S. (2017). Relationships between brand experiences, personality traits, prestige, relationship quality, and loyalty: An empirical analysis of coffeehouse brands. International Journal of Contemporary Hospitality Management.

Databoks. (2022). Jumlah Gerai Starbucks Coffee di Seluruh Dunia. Accessed at https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/26/starbucks-miliki-328-ribu-gerai-resmi-di-seluruh-dunia-terbanyak-di-as

El-Adly, M. I. (2019). Modelling the relationship between hotel perceived value, customer satisfaction, and customer loyalty. Journal of Retailing and Consumer Services, 50, 322–332.

Giwa-Amu, O. (2022). Effect OF Green Marketing ON Customer Satisfaction. Sapientia Global Jiurnal OF Arts, Humanities and Development Penelitianes, 5(2).

Hariyanti, P., & Utari, R. (2013). Pengaruh Aktivitas Customer Service dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah Bank Riau Kepri Capem Panam Pekanbaru. Jurnal Komunikasi, 8(1), 63–78.

Hati, S. W., & Kartika, A. (2015). Pengaruh Green Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Kosmetik Merk The Body Shop (Penelitian pada Mahasiswi Jurusan Manajemen Bisnis di Politeknik Negeri Batam yang Menggunakan Produk Kosmetik Merek The Body Shop). Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 3(2), 120–127.

Indonesia, G. (2019). Sampah Kemasan Makanan dan Minuman Mendominasi. Retrieved from Greenpeace: https://www. greenpeace. org/indonesia/cerita ….

Irkhamni, D. A., & Suharyono, S. (2017). Pengaruh penerapan green marketing terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan (Survei pada pelanggan treatment Naavagreen natural skin care cabang Malang). Brawijaya University.

Jabeen, S. S., & Kavitha, M. (2020). Effect of Green Marketing Strategies on Customer Loyalty. Journal of Xi’an University of Architecture & Technology, 12.

Kewakuma, A. S. V., Rofiaty, R., & Ratnawati, K. (2021). The Effect of Green Marketing Strategy on Customer Loyalty Mediated by Brand Image. JBTI: Jurnal Bisnis: Teori Dan Implementasi, 12(1), 1–11.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Philip Kotler-Principles of Marketing. New Jersey, USA: Prentice Hall Inc.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management, edisi ke-15e. Penerbit: Pearson.

Leninkumar, V. (2017). The relationship between customer satisfaction and customer trust on customer loyalty. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(4), 450–465.

Martínez, P. (2015). Customer loyalty: Exploring its antecedents from a green marketing perspective. International Journal of Contemporary Hospitality Management.

Minarti, S. N., & Segoro, W. (2014). The influence of customer satisfaction, switching cost and trusts in a brand on customer loyalty–The survey on student as IM3 users in Depok, Indonesia. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 143, 1015–1019.

Ottm?n, J?cqu?lyn ?. (2011). Th? N?w Rul?s of Gr??n M?rk?ting. ?ngl?nd: Gr??nl??f Publising, Sh?ffi?ld.

Parlan, A. V., & Andriani Kusumawati, M. K. M. (2016). The Effect of Green Marketing Mix on Purchase Decision And Customer Satisfction (Study on Independent Consultant of JAFRA Cosmetics Indonesia in Malang)”. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 39.

Rejeki, D. S., Fauzi, A., & Yulianto, E. (2015). Pengaruh Green Marketing pada Keputusan Pembelian dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Penelitian Pada Pelanggan Produk Ramah Lingkungan Kentucky Fried Chicken (Kfc) Gerai Royal Plaza, Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 26(1).

Rizqiningsih, D. U., & Widodo, A. (2021). Pengaruh Green Marketing dan Service Quality terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening (Penelitian Kasus di Starbucks Coffee Kota Surabaya). Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 242–256.

Sawitri, I., & Rahanatha, G. B. (2019). Pengaruh Green Marketing Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 5267.

Silvia, F., Fauzi, A., & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh Pemasaran Hijau Terhadap Citra Merek Serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Konsultan Independen di Oriflame Cabang Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 14(1), 1–9.

Vifi, L. (2017). Keterkaitan Green Marketing Awareness, Perceived Innovation, Perceived Value Dan Purchase Intention (Kasus: Cafe Karambia di Kota Padang). Universitas Andalas.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v9i1.14165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.