Peran Multi Level Marketing Dalam Meningkatkan Kecerdasan Financial Dan Membentuk Pribadi Mandiri Berwirausaha

Kanaria Herwati(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Suatu negara    baru dapat dikatakan sebagai negara    maju bahkan tangguh jika tingkat kewirausahaannya mencapai lebih dari 5%. Sementara kewirausahaan di  Indonesia    masih sangat kecil karena baru mencapai 0,2% jika dilihat dari berbagai versi antara lain versi statistik, versi pengusaha dan versi definisi dari wirausaha itu sendiri.Melihat kenyataan tersebut, setidaknya  Indonesia    perlu memiliki 2% pengusaha agar perekonomian  Indonesia    menjadi lebih kuat ditengah kondisi krisis multidimensional yang melanda bangsa  Indonesia    sejak tahun 1996 yang tidak saja melumpuhkan dunia usaha tetapi juga menggoyahkan sendi-sendi kesejahteraan masyarakat luas.Ditengah-tengah kondisi sulit terebut, masyarakat  Indonesia    khususnya para sarjana kesulitan mencari pekerjaan. Sebagian besar dari para lulusan tidk dapat  ditampung di dunia kerja, mereka harus bersaing dengan orang-orang yang lebih berpengalaman dalam mencari
kerja, sehingga para sarjana setiap tahunnya harus menghadapi kenyataan menjadi pengangguran.Berwirausaha merupakan salah satu alternatif jalan keluar terbaik, dan bentuk wirausaha yang dapat dipilih adalah beusaha sendiri sebagai distributor Multilevel Marketing (MLM). Konsep MLM merupakan salah metode pemasaran dengan membuat jaringan (network). Distributor MLM dalam menjalankan usahanya harus memiliki motivasi tinggi baik untuk menjual produk maupun membangun jaringan. Syarat penting untuk meningkatkan motivasi berwirausaha tersebut adalah dengan memahami konsep kecerdasan finansial yaitu kemampuan dalam mengenali, menciptakan dan mempraktekan sistem atau cara untuk mengakumulasi aset.

Keywords


MLM,Kecerdasan Finansial dan Kemandirian

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v1i3.1406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.