PENGARUH STRATEGI PEMASARAN ONLINE TERHADAP PENDAPATAN PELAKU UMKM DI KECAMATAN CILANDAK

Agus Supandi(1*), Ria Susanti Johan(2)

(1) Universitas Borobudur
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengunaan media sosial saat ini sudah banyak digunakan untuk melakukan kegiatan promosi produk atau jasa hal ini karena media sosial dapat dengan mudah di akses oleh semua orang dan tidak heran lagi setiap orang pasti memiliki media sosial. Kreativitas yang dilakukan oleh pelaku UMKM harus, mengikuti perkembangan tren yang ada supaya dapat bertahan. Jika tidak adanya kreativitas dalam menfaatkan jaringan online atau media sosial dengan tepat maka pelaku UMKM dapat tertinggal oleh pelaku usaha lain sehingga dapat mudah tersingkirkan dengan perlombaan dunia digital pada saat ini. Media sosial yang perkembang bahkan memiliki dampak yang cukup besar terhadap pemasaran online. Penelitian survey ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari strategi pemasaran online terhadap pendapatan pelaku UMKM di Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan. Dan dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel strategi pemasaran memiliki hubungan positif terhadap pendapatan pelaku UMKM di Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan

Keywords


Pendapatan, Strategi Pemasaran online

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alma, B. (2014). Managemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (14th ed.). Alfabeta. https://cvalfabeta.com/product/manajemen-pemasaran-dan-pemasaran-jasa/

Arfan, N. N. (2019). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Pendapatan Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah Di Kota Makassar [Universitas Muhammadiyah Makassar]. In 98. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/14756-Full_Text.pdf

Asse, R. A. A. (2018). Strategi Pemasaran Online (Studi Kasus Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank di Makassar). Jurnal Komunikasi KAREBA, 7(2), 219–231. https://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/view/6907

Dann, S., & Dann, S. (2011). E-marketing : theory and application. Red Globe Press. https://www.amazon.com/Marketing-Theory-Application-Stephen-Dann/dp/0230203965#detailBullets_feature_div

Daryanto. (2011). Sari kuliah manajemen pemasaran (1st ed.). Nusa Dua.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (4th ed.). Gramedia Pustaka Utama. https://opac.perpusnas.go.id/Detailopac.Aspx?Id=24761

Gustina, L., Novita, W., & Triadi, Y. (2022). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 4(1), 152–161. https://doi.org/10.47233/jteksis.v4i1.392

Jati, W., & Yuliansyah, H. (2017). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN ONLINE (ONLINE MARKETING STRATEGY) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus Pada Toko Online Shop Azzam Store). 1(1), 2598–2823.

Kotler, P., Molan, B., Sarwiji, B., & Lane, K. (2008). Manajemen Pemasaran (B. Sarwiji (ed.); 12th ed.). Indeks Kelompok Gramedia.

Laksananto, Z. I. (2018). Analisis Strategi Pemasaran E- Commerce Pada Produk Kosmetik Buatan Dalam Negeri Di Kota Malang (Studi Pada PT. Emina pada tahun 2017) [Universitas Brawijaya]. https://core.ac.uk/download/pdf/290463995.pdf

Lincolin Arsyad. (2010). Ekonomi Pembangunan (Lincolin Arsyad (ed.); 5th ed.). STIM YKPN Yogyakarta.

Luhur, U. B. (2021). Jurnal pintar abdimas. 1(1), 17–24.

Maylinda, S., & Sari, I. P. (2021). Optimalisasi Integrated Digital Marketing Dalam Strategi Pemasaran Umkm Imago Raw Honey. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 7(4), 521. https://doi.org/10.30998/jabe.v7i4.9940

Merdekawaty, A. (2020). Analisis determinan perempuan pedagang online di Kabupaten Sumbawa. Jurnal Riset Kajian Teknologi & Lingkungan, 3(1), 141–146.

Patty, F. N., & Rita, M. R. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima (Studi Empiris PKL Di Sepanjang Jln. Jenderal Sudirman Salatiga). Jurnal Dinamika Ekonomi Dan Bisnis, 1–20.

Saleh, M. Y., & Said, M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran (M. S. Sobirin, S.S. (ed.); Cetakan Pe). CV. SAH MEDIA. https://books.google.co.id/books?id=pZu-DwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Supranto, J. (2009). Statistik Teori dan Aplikasi. Erlangga.

Syuhada, A. A., & Gambetta, W. (2013). Online Marketplace for Indonesian Micro Small and Medium Enterprises Based on Social Media. 11(Iceei), 446–454. https://doi.org/10.1016/j.protcy.2013.12.214




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v9i1.13701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.