KAJIAN PERKEMBANGAN SEKTOR JASA dan SERAPAN TENAGA KERJA di DKI JAKARTA

Novita Delima Putri(1*), Fadillah Hisyam(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu indikator keadaan sosial ekonomi satu wilayah adalah keadaan ketenagakerjaan, tingkat kesempatan kerja di DKI Jakarta dari tahun 2011 sampai dengan 2013 terus mengalami peningkatan. Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan jumlah penduduk usia kerja yang bekerja terus meningkat. Disisi lain dalam pekembangannya sektor jasa memiliki peran yang sangat
signifikan dalam perekonomian dunia begitu juga di DKI Jakarta.

Dengan menggunakan data skunder yang berasal dari instansi terkait, kajian akan  mendeskripsikan temuan  berupa data sekunder yang meliputi gambaran umum propinsi DKI Jakarta, PDRB DKI Jakarta 3 tahun terakhir berdasarkan sektor usaha, dan serapan tenaga kerja berdasarkan sektor usaha.

Kajian ini bertujuan untuk memberikan gambaran pertumbuhan sektor jasa di DKI Jakarta yang diiringi dengan besarnya sektor jasa dalam penyerapan tenaga kerja di DKI Jakarta, mengingat masalah ketenagakerjaan merupakan permasalahan yang dihadapi oleh  hampir semua negara berkembang seperti salah satunya Indonesia.

 


Keywords


Sektor jasa, Ketenagakerjaan, DKI Jakarta

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v1i1.1363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.