e-Marketing: Alternatif dalam Pengembangan UMKM di Indonesia

Sumardi Sumardi(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


UMKM adalah salah satu sektor yang memberikanmanfaat besar baik bagi daerah maupun masyarakat, dengan kemampuannya untuk menyerap banyak tenaga kerja, sektor ini menjawab ketimpangan antara pertumbuhan penduduk usia produktif dengan ketersediaan lapangan pekerjaan, selain itu UMKM juga
mempunyai kontribusi positif dalam meningkatkan PDB suatu daera. Permasalahan yang sering ditemukan dalam  pengembangan sektor UMKM adalah masalah pemasaran.  Perkembangan  jaman  internet  semakin dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia pada khususnya.

E-Marketing adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan marketing suatu produk atau jasa dengan menggunakan media Internet. Dalam perkembangannya internet menjadi salah satu media yang sangat efektif dalam mempromosikan sebuah produk yang pada akhirnya dapat mendukung penjualan sebuah produk. Dengan metode deskriptif dan menggunakan data – data skunder yang didapat dari instansi terkait, kajian ini diharapkan dapat memberikan gambaran bahwa e-marketing merupakan salah satu alternatif pemasaran dengan peluang pasar yang masih sangat luas.

Keyword: E-marketing, kewirausahaan, internet


Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v1i1.1358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.