ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT KAMPUNG CILANGKAP KOTA DEPOK DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DI ONLINE SHOP

Rudy Susanto(1*), Indah Pangesti(2)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Fenomena yang terjadi saat ini adalah hampir semua aktivitas dan mobilitas masyarakat menggunakan media digital, seperti melakukan transaksi perdagangan secara digital. Hal tersebut mengubah paradigma masyarakat dalam melakukan transaksi perdagangan dari cara konvensional menjadi secara teknologi modern atau digital. Salah satu kegiatan perdagangan digital tersebut adalah belanja secara online atau Online shop. Online shop merupakan suatu kegiatan pembelian terhadap suatu barang untuk memenuhi kebutuhan melalui media internet dimana pembeli tidak bertemu secara langsung dengan penjual. Berbelanja secara online shop sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena sangat efektif dan efisien daripada berbelanja secara offline. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian di online shop serta faktor apa yang paling dominan yang dapat mempengaruhi masyarakat Kampung Cilangkap Kota Depok untuk mengambil keputusan pembelian secara online shop. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dengan cara insidential (accidental sampling) dan dianalisis dengan menggunakan metode analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan, harga, kepercayaan konsumen dan produk merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan membeli di online shop, dan faktor yang paling dominan adalah faktor kemudahan.

Keywords


Keputusan Membeli, Online Shop

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agustini, N. K. D. A. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Membeli di Online Shop Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 127–136.

Andika, A., & Susanti, F. (2018). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Parfum di Azzwars Parfum Lubeg Padang.

APJII. (2020). Pengguna Internet Di Indonesia Th. 2019-2020 (Q2). https://apjii.or.id/survei

Ardiansyah, T. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Produk Modem CDMA EVDO SMART TELECOM. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 1(3), 228–240.

Fira Dinan, M. Naely Azhad, F. F. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Oriflame pada Mahasiswi Universitas Muhammdiyah Jember. 2(1), 16–30.

Fitdiarini, N. (2015). Kepercayaan Pelanggan untuk Melakukan Online Shopping dan Dampaknya terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Airlangga, 25(3).

Goenadhi, L. (2016). Faktor-Fktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza di Kota Banjarmasin. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 12(2).

Harahap, B. I., Nazer, M., & Andrianus, F. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen dalam Belanja Online di Kota Solok. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 11(1), 1–9.

Haryoko, U. B., & Febriyanti, F. (2020). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Online Shop Bebenito Group Tangerang Selatan. Jurnal Disrupsi Bisnis, 3(1), 78–95.

Hidayanto, A. N., Saifulhaq, H., & Handayani, P. W. (2012). Do consumers really care on risks in online shopping? An analysis from Indonesian online consumers. 2012 IEEE International Conference on Management of Innovation & Technology (ICMIT), 331–336.

Istiyanto, B., & Nugroho, L. (2017). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil (Studi Kasus Mobil LCGC di Surakarta). Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 12(1).

Lestari, S. A. (2017). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Belanja Online di Yogyakarta: PVT Model. Universitas Gadjah Mada.

Marlius, D. (2017). Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis dan Bauran Pemasaran pada PT. Intercom Mobilindo Padang. Jurnal Pundi, 1(1).

Mujiyana, M., & Elissa, I. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet pada Toko Online. J@ TI Undip: Jurnal Teknik Industri, 8(3), 143–152.

Nasution, H. F. (2018). Pengaruh Kemudahan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Secara Online (Studi Kasus Mahasiswa Belanja Online pada FEBI IAIN Padangsidimpuan). At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam, 4(1), 26–39.

Olii, M. R., Pratiknjo, M. H., & Rumampuk, S. (2020). Online Shop Sebagai Alternatif Berbelanja Masyarakat Kota Manado. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture.

Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembelian Barang dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli di Kalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46–54.

Ramadhani, F., & Arifin, Y. (2013). Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Berbasis E-commerce sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah Guna Meningkatkan Daya Saing dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015. Economics Development Analysis Journal, 2(2).

Saidani, B., & Dwi Raga Ramadhan. (2013). Pengaruh Iklan dan Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Seri Galaxy ( Survei pada Pelanggan Itc Roxy Mas ). Riset Manajemen Sains Indonesia, 4(1), 53–73.

Susanto, R. (2021). Pengaruh Harga Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone OPPO Di Tangerang Selatan. JABE (Journal of Applied Business and Economics), 7(4), 450–457.

Wardoyo, W., & Andini, I. (2017). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Mahasiswa Universitas Gunadarma. Jurnal Manajemen Dayasaing, 19(1), 12–26.

Weenas, J. R. S. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4).

Wibowo, Setyo Ferry ; Samista, Indra; Murti, A. K. (2013). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Bekas ( Survey pada Konsumen Melaju Raya Rizky Motor di Wilayah Bekasi Timur ). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), Vol. 4, No(8), 184–200.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v8i2.11463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.