SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN LOKASI PEMASANGAN IKLAN AJANG PROMOSI BIMBEL MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (Studi Kasus: Bimbel Sony Sugema College)

puput Irfansyah(1*), Syamsiah Syamsiah(2), tjipto djuhartono(3)

(1) Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengambilan keputusan yang dilakukan secara cepat, tepat sasaran, dan dapat dipertanggungjawabkan menjadi kunci keberhasilan dalam persaingan global di waktu mendatang. Memiliki banyak informasi saja tidak cukup, jika tidak mampu meramunya dengan cepat menjadi alternatif alternatif terbaik di dalam proses pengambilan keputusan, Sistem pendukung keputusan merupakan suatu sistem yang interaktif, yang membantu pengambil keputusan melalui penggunaan data dan model-model keputusan untuk memecahkan masalah yang sifatnya semi terstruktur maupun yang tidak terstruktur. AHP merupakan suatu model pendukung keputusan yang dikembangkan oleh Thomas L. Saaty.Model pendukung keputusan ini akan menguraikan masalah multi faktor atau multi kriteria yang kompleks menjadi suatu hirarki, menurut Saaty (1993), hirarki didefinisikan sebagai
suatu representasi dari sebuah permasalahan yang kompleks dalam suatu struktur multi level dimana level pertama adalah tujuan, yang diikuti level faktor, kriteria, sub kriteria, dan seterusnya ke bawah hingga level terakhir dari alternatif. Dengan hirarki, suatu masalah yang kompleks dapat diuraikan ke dalam kelompok-kelompoknya yang kemudian diatur menjadi suatu bentuk hirarki sehingga permasalahan akan tampak lebih terstruktur dan
sistematis. Dari hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan Analytical Hierarchy Process (AHP) sebagai model sistem pendukung keputusan penentuan lokasi pemasangan iklan promosi bimbel sony sugema college dapat membantu pekerjaan tim pemasangan iklan promosi dalam menentukan prioritas keputusan untuk dilaksanakannya pemasangan iklan
ajang promosi melalui proses pembobotan multikriteria dan seleksi dengan lebih cepat, cermat dan lebih efektif. Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Pemasangan Iklan, Analytical Hierarchy Process


Keywords


ekonomi, bisnis, manajemen

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


A.S Rosa & Salahuddin M, 2011. Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak, Bandung:Modula.

Dewa Ketut Sukardi. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Fandy Tjiptono. 1997. Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi Offset.

Hermawan, Julius. 2005. Sistem Penunjang keputusan. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Iqbal dan Hasan. 2004. Pokok-Pokok Materi Teori Pengambilan Keputusan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kasmir. 2004. Pemasaran Bank, Jakarta: Prenada Media..

Kusrini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi Offset.

Marimin. 2004, Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria. Jakarta:Gramedia.

Pusat Bahasa Departement Pendidikan Nasional. 2005., Kamus Umum Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka.

Rambat Lupiyoadi dan A.Hamdan. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sutabri, Tata. 2005. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Andi.

Sustina .2003. Perilaku Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yusuf, Syamsu dan Juntika Nurihsan.2005.Bimbingan.Vol 82, April 2005.Jakarta (18 April 2005).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v2i1.1076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.