PENGARUH HARGA DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE OPPO DI TANGERANG SELATAN

Rudy Susanto(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Smartphone berbasis android merupakan sarana komunikasi teknologi digital yang sangat efektif dan efisien sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam melakukan mobilitas dan aktivitasnya di dalam ekonomi digital. Banyak perusahaan smartphone android yang melakukan inovasi untuk merebut pangsa pasar yang besar, salah satunya adalah smartphone Oppo yang sudah banyak dikenal dikalangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan iklan terhadap keputusan pembelian produk smartphone Oppo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif dengan menggunakan data primer yang dianalisis dengan analisis linier berganda menggunakan program statistical package for social sciences (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harga tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, sedangkan Iklan berpengaruh positif dan   signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Secara simultan Harga dan Iklan memiliki pengaruh postitif yang signifikan Keputusan Pembelian.


Keywords


Harga, Iklan, Keputusan Pembelian, Smartphone OPPO

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Achidah, N., Warso, M. M., & Hasiholan, L. B. (2016). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Mio Gt (Study Empiris Pada Produk Yamaha Mio Gt Di Weleri-Kendal). Journal Of Management, 2(2).

Anisa, A. U. Z. & S. R. (2019). ANALISIS STRATEGI PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA OJEK ONLINE PT GO-JEK INDONESIA. Journal of Applied Business and Economics (JABE), 6(2), 137–156.

Ardiansyah, T. (2015). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK MODEM CDMA EVDO SMART TELECOM. Journal Applied Business and Economics (JABE), 1(3), 228–240.

Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2014). Manajemen Pemasaran. Bpfe: Yogyakarta.

Fira Dinan, M. Naely Azhad, F. F. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Oriflame pada Mahasiswi Universitas Muhammdiyah Jember. 2(1), 16–30.

Istiyanto, B., & Nugroho, L. (2017). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil (studi kasus mobil LCGC di Surakarta). Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 12(1).

Jacob, A. A., Lapian, S. L. H. V. J., & Mandagie, Y. (2018). Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Citra Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chitato Chips Pada Mahasiswa Feb Unsrat the Influence of Ad Attraction and Product Image To the Purchasing Decision of Chitato Chips Product in the Student Feb Unsrat. Emba, 6(2), 988–997.

Kaeng, A. M., Mananeke, L., & Lumanauw, B. (2014). Bauran Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha di PT. Hasjrat Abadi. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3).

Keller, K., & Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kodu, S. (2013). Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3).

Lukitaningsih, A. (2013). Iklan yang Efektif Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), 116–129. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Ekonomi/article/view/670/576

Maharani, N. (2015). Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk Iphone Di Bandung. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Performa), 12(1), 59–75. https://elearning2.unisba.ac.id/index.php/performa/article/view/3043

Mustofa, M. F. (2016). Pengaruh Desain Produk Dan Harga Terhdap Keputusan Pembelian Suzuki Satria FU 150cc (Studi Pada Pengguna Sepeda Motor Suzuki Satria FU 150cc Di Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 4(4).

Nafanu, S. (2020). Pengaruh Media Iklan, Pesan Iklan dan Kreativitas Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Dalam Menumbuhkan Brand Awareness Produk Lee Minerale Pada Masyarakat Kota Kefamenanu Kabupaten TTU. AEKO PEM : Jurnal Ekonomi Pembangunan, 5(3), 31–45.

Saidani, B., & Dwi Raga Ramadhan. (2013). Pengaruh Iklan Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Seri Galaxy ( Survei Pada Pelanggan Itc Roxy Mas ). Riset Manajemen Sains Indonesia, 4(1), 53–73.

Setiawan, B., & Rabuani, C. C. (2019). Pengaruh Iklan dan Endorser terhadap Brand Awareness Serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Riset, 1(1), 001–015. https://doi.org/10.35212/277621

Stephanie, C. (2020). 5 Besar Vendor Ponsel di Indonesia Kuartal II-2020, Oppo dan Vivo Geser Samsung. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2020/09/07/10072907/5-besar-vendor-ponsel-di-indonesia-kuartal-ii-2020-oppo-dan-vivo-geser-samsung.

Tambunan, L. T. (2019). Faktor Dominan Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Suatu Produk. 16(1), 35–45.

Wibowo, Setyo Ferry ; Samista, Indra; Murti, Agung Kresna. (2013). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Bekas (Survey Pada Konsumen Melaju Raya Rizky Motor di Wilayah Bekasi Timur). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), Vol. 4, No(8), 184–200.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v7i4.10038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.