Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMAN Jakarta Selatan

Indah Mayang Purnama(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika.Metode penelitian yang digunakan yaitu survei dengan pendekatan korelasional. Sampel berukuran 98 siswa yang dipilih secara random dari seluruh siswa SMAN di Kota Madya Jakarta Selatan. Analisis data dengan metode statistik deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung yang signifikan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Matematika. (2) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan Minat Belajar Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika. (3) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan Kecerdasan Emosional terhadap Minat Belajar Matematika. (4) Terdapat Pengaruh tidak langsung yang signifikan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Matematika melalui Minat Belajar Matematika. Upaya meningkatkan prestasi belajar matematika siswa dapat dilakukan dengan meningkatkan kecerdasan emosional siswa dan minat belajar matematika siswa. Kecerdasan emosional siswa dapat ditingkatkan melalui kesadaran diri terhadap lingkungan sosialnya sehingga kecerdasan emosional siswa meningkat dan minat belajar matematika siswa ikut meningkat. Selain kecerdasan emosional yang tinggi yang dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa metode yang guru gunakan dalam mengajar juga dapat meningkatkan minat belajar matematika.

 Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Minat Belajar, Prestasi Belajar Matematika


Full Text:

PDF

References


Agustian, Ary Ginanjar. 2005. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spritual. Jakarta: Arga.

Alwi, Idrus. 2012. Statistika untuk Penelitian Pendidikan. Jakarta: Saraz Publishing.

Anni, C.T. dkk. 2004. Psikologi Belajar. Universitas Negeri Semarang Press.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Cooper, Robert K. dan Anyam Sawaf. 1998. Executive EQ: KecerdasanEmosional Dalam Kepemimpinan dan Organisasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Darajat, Zakiah dkk. 2007. Metode Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Gagne, G. D. 1985. The Cognitive Psychology Of School Learning.

Goleman, Daniel. 2000. Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional). Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Goleman, Daniel. 2002.Working With Emotional Intelligence (terjemahan).Jakarta: PT. Gramedia

Gottman, Jhon. 2001. Kiat-Kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional (terjemahan). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Surya, Hendra. 2007. Percaya Diri Itu Penting. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Houle.1961. The Inquiring Mind. University of Madison Press Madison.

Hudoyo, H.1998. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Dirjen DIKTI Depdikbud.

Imron, Ali. 1996. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dunia Pustaka.

Jhon, Gray.2005. Mars dan Venus on a date. Jakarta: Gramedia.

Kurniawan.2006. Siap Juara Olimpiade Matematika SMP. Jakarta: Erlangga.

Mardapi dan Ghofur, A.2007. Pedoman Umum Pengembangan Penilaian, Kurikulum Berbasis Kompetensi SMA. Jakarta: Direktorak Pendidikan Menengah Umum.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya.

Purwanto, Ngalim. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2007. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru- karyawan dan Peneliti pemula. Bandung Alfabeta.

Rohiat. 2008. Kecerdasan Emosional Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Refika Aditama.

Sahabuddin. 2003. Mengajar dan Belajar ”Dua Aspek dan Suatu Proses Pendidikan”. Makasar: Universitas Negeri Makassar Press.

Ruseffendi. 2010. Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Shapiro, E. Lawrence. 1997. Mengajarkan Emosional Intelligence Kepada Anak. Diterjemahkan oleh Alex Tri Kantjono. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Slameto.2003. Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Soedjadi, R. 2000. Kiat pendidikan Matematika di Indonesia – Konstalasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan bangsa. Jakarta: Rineka Cipta

Sudijono, Anas. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 1987. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sumardiono.2007. Home Schooling a Leap for Better Learning”Lompatan Cara Belajar”.Jakarta:PT Elex Media Komputindo.

Solso, L, Robert. 2008. Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga.

Sunarto, H. dan B. Agung Hartono. 2006. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Triatna, Cepi dan Risma Kharisma. 2008. EQ Power Panduan meningkatkan Kecerdasan Emosional. Bandung: Citra Praya.

Supardi U.S. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Change Publisher.

W. S. Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i3.995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

Publisher:
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats