Pengaruh Status Gizi, Konsumsi Pangan dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika

Aulia Masruroh(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh status gizi, konsumsi pangan, dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika anak SDN 09 Pagi Jakarta Utara, mengetahui pengaruh status gizi terhadap prestasi belajar matematika anak, mengetahui pengaruh konsumsi pangan terhadap prestasi belajar matematika anak, dan mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sampel berjumlah 40 anak di kelas 4. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik penyebaran angket dan teknik tes. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Uji statistik yang digunakan yaitu uji F dan uji t. Terdapat pengaruh yang signifikan antara status gizi, konsumsi pangan,dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika anak (p = 0.000). Terdapat pengaruh yang signifikan antara status gizi terhadap prestasi belajar matematika anak (p = 0.025). Terdapat pengaruh yang signifikan antara konsumsi pangan terhadap prestasi belajar matematika anak (p = 0.031). Terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika anak (p = 0.000).

 Kata Kunci: Status Gizi, Konsumsi Pangan, Fasilitas Belajar, Prestasti Belajar Matematika.


Full Text:

PDF

References


Almatsier. 2011. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Brown JL, Pollitt E. 1996. Malnutrition, Poverty and Intellectual Development. Scientific American 38-43.

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. 2009. Gizi dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Gibson. 2005. Principles of Nutritional Assesment. Oxford: University Press.

Gunarsa SD dan Gunarsa YSD. 2006. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Hardiansyah et al. 2002. Modul Ketahanan Pangan 03: Analisis Kebutuhan Konsumsi Pangan. Institut Pertanian Bogor, Pusat Studi Kebijakan Pangan dan Gizi (PSKPG) dan Departemen Pertanian, Pusat Pengembangan Konsumsi Pangan (PPKP) Badan Bimas Ketahanan Pangan.

Hardinsyah. 2007. Inovasi dan Pengembangan Modal Sosial Bagi Peningkatan Kualitas Hidup Manusia dan Pengentasan Kemiskinan. Orasi Ilmiah, Fakultas Ekologi Manusia: Institut Pertanian Bogor.

Hawadi RA. 2001. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Harper LJ, Deaton BJ, Driskel JA. 1986. Pangan, Gizi, dan Pertanian (Suhardjo, penerjemah). Jakarta: UI-Press.

Julianto, I. 2010. Rahasia Kecerdasan Anak. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Khomsan, A. 2004. Pangan dan Gizi untuk Kualitas Hidup. Jakarta: Grasindo.

Khomsan A. dan Faisal, A. 2008. Sehat Itu Mudah. Jakarta: Mizan.

Nasoetion A. dan Riyadi H. 1994. Gizi Terapan. Departemen Gizi Masyarakat dan Sumberdya keluarga. Fakultas pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sardiman AM. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Siregar. 2003. Pola asuh, tingkat konsumsi pangan, status gizi serta tingkat perkembangan sosial dan emosi anak yang tinggal dipanti asuhan dan keluarga [Skripsi]. Bogor: Fakultas Pertanian, IPB.

Soekirman. 2002. Ilmu Gizi dan Aplikasinya. Jakarta: Dirjen Perguruan Tinggi Depdiknas.

Suhardjo. 1989. Sosio Budaya Gizi. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Pusat antar Universitas Pangan dan Gizi. Bogor: IPB.

Supariasa. 2004. Penilaian Status Gizi. Jakarta: EGC.

Suryabrata, S. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

World Health Organization (WHO). 2007. WHO Expert Committee on Physical Status: the Use and Interpretation of Antrophometry. Geneva: WHO.

Winkel WS. 2005. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i3.994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

Publisher:
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats