Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa.Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah siswa SMP Negeri Kota Depok Kls VIII tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen yang menggunakan desain ANAVA dua arah. Sampel berukuran 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, dibuktikan dengan nilai Fhitung13,626 dan sig. 0,001 < 0,05 (2) Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, dibuktikan dengan nilai Fhitung15,992 dan sig. 0,000 < 0,05 (3) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan strategi pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada mata pelajaran matematika. Hal tersebut dibuktikan dengan nilaiF-hitung (4,637) dan sig. 0,36 (< 0,05). Implikasinya seorang guru harus mempunyai banyak cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, dengan mempelajari berbagai strategi pembelajaran dan mengenal karakter siswa yang beragam. Strategi pembelajaran inkuiri dapat menjadi referensi dalam kegiatan pembelajaran.
Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Minat Belajar, dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Avianti, N. 2009. Mudah Belajar Matematika untuk Kelas VIII. Bandung: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sagala, S. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran.Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Persada Media Group.
Santoso, S. 2012. Panduan Lengkap SPSS versi 21. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Sardiman, A. M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suprapto, A. 2007. Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Suprihatin. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika dan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Jakarta: Pasca Sarjana Unindra.
Surya, H. 2011. Strategi Jitu mencapai Kesuksesan Belajar. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Suryabrata, S. 1989. Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali.
Syah, M. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Tinik, S. 2011. Pengaruh Model Tugas dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jakarta: Pasca Sarjana Unindra
U. S., Supardi. 2013. Aplikasi Statistik dalam Penelitian. Jakarta: PT. Prima Ufuk Semesta.
Uno, B. H. 2014. Variabel Penelitian dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Ina Publikatama.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i3.993
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA
Publisher: Institute for Research and Community Services (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
View My Stats