Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbantuan Lembar Kerja Siswa dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Matematika Siswa MTs

Agus Susilo(1*), Supardi U.S.(2)

(1) Guru MTs Al Falahiyah
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs melalui penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak tiga sikulus. Alur pelaksanaan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi dan dilanjutkan perencanaan tindakan berikutnya. Subyek penelitian terdiri atas 30 siswa kelas VIII. Instrumen penelitian berupa lembar pengamatan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, aktivitas diskusi kelompok, kinerja guru, serta skala penilaian sikap siswa pada pembelajaran matematika dan tes hasil belajar matematika. Hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization, diperoleh temuan tentang kualitas proses dan hasil belajar matematika siswa sebagai berikut: (1) Rata-rata hasil pengamatan keterlibatan siswa dalam belajar pada siklus I 52,5%, siklus II 65% dan siklus III 75%; (2) Rata-rata hasil pengamatan aktivitas diskusi kelompok pada siklus I 46.78%, siklus II 59,12% dan siklus III 60%; (3) Rata-rata hasil pengamatan kinerja guru pada siklus I 41,87%, siklus II 60% dan siklus III 68,75%; (4) Rata-rata sikap siswa pada pembelajaran matematika mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 73%, siklus II 76% dan siklus III 73,67%; (5) Rata-rata hasil belajar atematika mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 51,5%, siklus II 74,44%, siklus III 83,33%. Berdasarkan hasil temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa enerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar matematika siswa untuk materi aljabar. 


Keywords


matematika, model pembelajarna, hasil belajar, teacm assisted individualization

Full Text:

PDF

References


Adinawan, M.Cholik dan Sugijono. 2007. Matematika Untuk SMP/MTs Kelas 8.

Jakarta, Erlangga.

Alwi, Hasan. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta, Balai Pustaka.

Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta, PT. Rineka

Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta, PT. Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta, PT. Bumi Aksara.

Hudoyo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta, Depdikbud.

Kirkpatrick, Donald L. and James D. Kirkpatrick. 2006. Evaluating Training

Programs. San Fransisco, Berrett-Koehler Publishers Inc.

Purwanto, Ngalim.2004. Psikologi Pendidikan. Bandung, Remaja Rosda Karya.

Purwodarminto. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta, Balai Pustaka.

Russefendi. 1990. Pengajaran Matematika Modern Untuk Guru. Bandung,

Tarsito.

Sardiman. 1986. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta, CV.

Rajawali.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta,

PT. Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik.

Bandung, Nusa Media.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Proses dan Hasil Belajar Mengajar. Bandung, PT.

Remaja Rosdakarya.

Suryanto, Adi, dan Tedjo Djatmiko. 2009. Evaluasi Pembelajaran di SD. Jakarta,

Universitas Terbuka.

Syah, Darwyan, Supardi dan Eneng Muslihah. 2009. Strategi Belajar Mengajar.

Jakarta, Diadit Media.

Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta,

Kencana.

Yamin, H. Martinis. 2005. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi.

Jakarta, Gaung Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v1i3.78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2011 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

Publisher:
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats