Profil Berpikir Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Numerical Analysis Ditinjau dari Tipe Kepribadian

Vera Dewi Susanti(1*), Swasti Maharani(2)

(1) IKIP PGRI Madiun
(2) IKIP PGRI Madiun
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir mahasiswa tipe guardian, artisan, rational, dan idealist dalam memecahkan masalah numerical analysis. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika semester VII IKIP PGRI Madiun. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan teknik pengambilan stratified sampling dan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan tipe kepribadian Guardian, hanya melakukan proses asimilasi dalam memahami masalah dan membuat rencana penyelesaian dan dalam menyelesaikan masalah dan memeriksa kembali jawaban sudah melakukan proses asimilasi dan abstraksi. Mahasiswa dengan tipe kepribadian Artisan dan Rational dalam prosedur Polya sudah melakukan proses asimilasi dan abstraksi. Mahasiswa dengan tipe kepribadian Idealist juga melakukan proses asimilasi dan abstraksi, tetapi pada prosedur memeriksa kembali jawaban, hanya melakukan asimilasi saja.

 Key Words: Profil Berpikir, Numerical Analysis, dan Tipe Kepribadian

 

 


Full Text:

PDF

References


Sri Ari Widodo. 2011b. Efektivitas Pembelejaran Guru Bidang Studi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Se Kecamatan Kalasan Tahun Pelajaran 2010-2011. Hasil Penelitian. Yogjakarta. Universitas Sarjana Wijaya Taman Siswa.

Sudarman. 2009. Proses berpikir siswa climber dalam menyelesaikan masalah matematika. Jurnal Didiktita, 7 (1), 1-9. Diunduh Dari http:// pdii.go.id/admim/jurnal/1010919.pdf

Anderson, John R. 1985. Cognitive Psychology And Its Implications. New York: W.H. Freeman And Company.

Akbar Sutawidjaja. 2009. Pembelajaran Berbasis Masalah. Makalah Disajikan pada Seminar Nasional Pendidian dan Pembelajaran Matematika di STKIP PGRI Tulungagung, Tulungagung, Tanggal 26 Maret 2009.

Baker, Bernadette. 2000. A calculus graphing schema. Journal Of Research In Mathematics Education, 31 (5), 557-578.

Bogdan, Robert C. Dan Biklen, Sari Knopp. 1992. Qualitative Research For Education: An Introduction To Theory And Methods. Boston: Allyn And Bacon.

Bogdan, Robert C. Dan Taylor, Steven J.. 1993. Introduction To Qualitative Research Methods. Terjemahan A. Khozin Afandi. Surabaya: Usaha Nasional.

Budiyono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Eggen, Paul D. Dan Kauchak, Donald P.,1996. Strategies For Teacher: Teaching Content And Thinking Skills. Boston: Allyn And Bacon.

E.T. Ruseffendi. 1980. Pengajaran Matematika Modern: Seri Kelima. Bandung:Tarsito.

Hamzah B. Uno. 2007. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Herman, Hudojo. 1981. Teori Belajar Untuk Pengajaran Matematika. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Herman, Hudojo. 2005 (b). Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Johnsom, Elaine B.. 2002. Contextual Teaching And Learning. California: Corwin Press.

Joyce, Bruce Dan Weil, Marsha. 1980. Models Of Teaching. New Jersey: Prentice Hall.

Keirsey, David Dan Bates, Marilyn. 1985. Please Understand Me. California: Promotheus Nemesis Book Company.

Keirsey, David. 2009. About 4 Temperaments. (Online), (Http://Www.Keirsey.Com, Diakses 20 Mei 2015).

Lexy J. Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

M.J.. Dewiyani S.. 2008(A). Pengelompokan Siswa Berdasarkan Tipe Kepribadian Sebagai Sarana dalam Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika. Makalah Disajikan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika di Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Singaraja, 21 Juni 2008.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nurhadi, Burhan Yasin, dan Agus Gerrad Senduk. 2004. Pembelajaran Kontekstual Dan Pembelajarannya dalam KBK. Malang: UM Press.

Paul Suparno. 1997. Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Paul Suparno. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Marpaung, Yansen. 1986. Proses Berpikir Siswa Dalam Pembentukan Konsep Algoritma Matematis. Makalah Pidato Dies Natalis XXXI IKIP Sanata Dharma Yogyakarta, 25 Oktober 1986.

Soedjadi. 1999. Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Slavin, Robert E.. 2008. Educational Psychology: Theory And Practice. Terjemahan Marianto Samosir. Jakarta: PT Indeks.

Solso, Robert L.. 1995. Cognitive Psychology. Needham Heights: Allyn & Bacon.

Skemp, Richard R.. 1982. The Psychology Of Learning Mathematics. England:Penguin Book Ltd..

Sugiarto (Dkk). 2001. Teknik Sampling. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Syaifuddin Azwar. 2007. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wilson, Patricia S..(Ed). 1993 (A). Mathematical Problem Solving. National Council Of Teacher Of Mathematics. New York: Macmilan Publishing Company.

Wina Sanjaya. 2008. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yatim Riyanto. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press

Yovan P. Putra. 2008. Memori Dan Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.

Wilmintjie Mataheru. 2008. Karakteristik Proses Kognitif dalam Pemecahan Masalah Matematika. Makalah Disajikan pada Seminar Nasional Mahasiswa S3 Matematika di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Yogyakarta, Tanggal 31 Mei 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i1.753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

Publisher:
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats