Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika pada kelas VIII di SMP Negeri 160 Jakarta.Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan analisis korelasional, dengan jumlah sampel sebanyak 65 orang, yang diambil menggunakan teknik simple random sampling.Instrumen yang digunakan adalah instrumen pengisian angket yang terdiri dari 20 soal. Dari hasil penelitian perhitungan analisis regresi minat belajar dengan prestasi belajar matematika diperoleh persamaan dengan Fhitung< F tabel (-1,52<1,63) hal ini menunjukkan bahwa regresi X atas Y berpola linear. Sedangkan untuk pengujian hipotesis, diperoleh koefisien korelasi X terhadap Y sebesar 0,706 dengan koefisien determinasi sebesar 49,8% dan diperoleh thitung> ttabel (7,914 > 1,670) sehingga Ho ditolak pada taraf 0,05. Maka kesimpulannya terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar matematika.
Kata Kunci: Minat Belajar, Prestasi Belajar Matematika
Full Text:
PDFReferences
Alwi, Idrus. 2012.Statistika Untuk Penelitian Pendidikan. Jakarta: Saraz.
Asmani, Jamal, M. 2009. Jurus-jurus Belajar Efektif Untuk SMP dan SMA. Yogyakarta: DIVA Press.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fatimah. 2011. Memahami Gaya Belajar Siswa: Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia.Majalah Ilmiah Faktor. Jakarta: UNINDRA.
Gie, The Liang. 2004. Cara Belajar Yang Baik Bagi Mahasiswa. Yogyakarta: Gajah Mada Pers.
Hudoyo, Suherman. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.
Kadir.2005. Pengaruh pendekatan problem posing. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, hal 223.
Leonard & Kiki Dwi Kusumaningsih. 2009. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (tgt) terhadap peningkatan hasil belajar biologi pada konsep sistem pencernaan manusia, Jurnal Ilmiah Faktor Exacta, 2(1): 83-98.
Lucartur, Crow D. & Crow, Alice. 1999. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Nur Cahaya.
Purwanto, M., Ngalim. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahim, Utu. 2010. Meningkatkan prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan aljabar melalui pendekatan struktural think pair share (TPS). Jurnal MIP MIPA. Kendari: FKIP Unhalu Kampus Bumi Tridharma.
Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rooney, Anne. 2008. The Story of Mathematics. London: Arcturus Publishing Limited.
Saleh, Abdul Rahman. 2004. Psikologi Suatu Pengantar dalam Persfektif Islam. Jakarta: Prenada Media.
Shaleh, Abdur Rachman. 2003. Didaktif Pendidikan Agama. Jakarta: Bulan Bintang.
Siregar, E dan Hartini Nara. 2010. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Siregar, Nurmaida I. 2002. Pengaruh Pelatihan Sempoa (Abakus) Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Yogyakarta: UGM Tesis tidak diterbitkan.
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Suchdi, Darmiyati. 2008. Humanisasi Pendidikan Menemukan Kembali Pendidikan Yang Manusiawi. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suhendri, H. 2011. Pengaruh kecerdasan matematis logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Formatif Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Jakarta: UNINDRA.
Sumardyono. 2004. Karakteristik Matematika Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Supardi. 2012. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: Ufuk Press
Suprijadi, D. 2010. Pengaruh penggunaan tutor sebaya terhadap hasil belajar maetmatika pada siswa kelas vii smp daarussalaam Jakarta. Jurnal Ilmiah Faktor Exacta. Jakarta: FTMIPA- UNINDRA.
Suriasumantri, Jujun S. 2007. FILSAFAT ILMU Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Suwarkono, dkk. 2006. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Pemantapan Awal di Kelas X SMAN 7 Jakarta. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan. No. 1. Vol. 1 Tahun 2008.
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Tatan dan Teti Sumiati. 2011. Pengaruh penggunaan media belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika (eksperimen pada siswa kelas xi ipa sma negeri 8 kota Tangerang Selatan tahun pelajaran 2010/2011). Jurnal Formatif. Jakarta: UNINDRA.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 2 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Dasar Republik Indnesia Pasal 31 ayat 1 Tahun 1945 (Amandemen UUD 1945, Bab XIII tentang Pendidikan dan Kebudayaan).
Wulan, R,. 2000, HubunganAntara Pengasuhan Orang Tua Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Remaja SMU, Skripsi (tidak diterbitkan), Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA
Publisher: Institute for Research and Community Services (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
View My Stats