Efektivitas Pembelajaran Kontekstual dalam Mengajarkan Matematika

Giry Marhento(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis secara empiris
pengaruh persepsi siswa terhadap kompetensi guru mengajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPA siswa (Studi pada SMP Se-Kecamatan Periuk Kota Tangerang Banten). Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP di Kecamatan Periuk Kota Tangerang. Sampel penelitian diperoleh melalui metode simple random sampling yaitu peneliti mencampurkan subjek-subjek didalam populasi sehingga semua subjek dianggap sama. Rancangan penelitian yang digunakan melalui teknik korelasi dengan tiga variabel yang terdiri dari dua variabel bebas, yaitu persepsi
siswa terhadap kompetensi guru mengajar dan motivasi belajar serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar IPA. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes untuk variabel bebas dan dokumen akhir untuk variabel terikat. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik korelasi dan regresi sederhana serta korelasi dan regresi ganda. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan analisis statistic deskriptif dan uji persyaratan data (uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas dan uji hipotesis). Hasil penelitian menunjukan bahwa : terdapat pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan antara persepsi siswa terhadap kompetensi guru mengajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPA. Dengan koefisien korelasi sebesar 0,929 dan koefisien determinasi 0,864 atau 86,4 % persepsi siswa terhadap kompetensi guru mengajar dan motivasi belajar secara bersama-sama mempengaruhi hasil belajar IPA. Persamaan regresi yang dihasilkan Y= 24,094 + 0,357X1 + 0,356X2 hal ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi persepsi siswa terhadap kompetensi guru mengajar maka semakin tinggi pula hasil belajarnya dan semakin tinggi motivasi belajar
maka akan semakin tinggi pula hasil belajar IPA-nya.


Keywords


Persepsi Siswa, Motivasi, Hasil Belajar IPA

Full Text:

PDF

References


A.M Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Grafindo

Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

_______. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka

Cipta.

Dasmo. 2010. Pengaruh Sikap Mahasiswa pada Fisika dan Motivasi Belajar

Terhadap Hasil Belajar Fisika Dasar Mahasiswa. Jakarta : Faktor Exacta

Unindra.

Gitisudarmo, I dan Sudita. 2002. Perilaku Keorganisasian Edisi II. Yogyakarta : BPFE

– Yogyakarta.

Hamalik, Oemar. 2002. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Lubis, Rita Herlina. 2009. Perbedaan Pengaruh Metode Belajar Audio Visual dan

Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar IPA. Jakarta : Universitas Indraprasta

PGRI.

Lyle E, Bourne. 1976. Pshycology. New York : The Dryclen Press.

Nasution, S. 1982. Didaktik Asas-asas Mengajar. Bandung : Jemmars.

Purwanto, Ngalim. 1986. Prinsip-prinsip Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung :

Remaja Karya.

Pusat Kurikulum. 2004. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu.

Jakarta : Balitbang Depdiknas.

Qurtubi, Ahmad. 2008. Pengantar Teori Evaluasi Pendidikan. Tangerang : BHS

Publishing.

Rukminto, Adi Isbandi. 1994. Psikologi, Pekerjaan Sosial dan Ilmu Kesejahteraan

Sosial. Jakarta : Grafindo Persada.

Tim Dosen FIP-IKIP Malang. 1987. Pengantar Dasar-Dasar Pendidikan. Surabaya :

Usaha Nasional.

Sadiman S.,Arief. 1984. Media Pendidikan : Pengertian Pengembangan dan

Pemanfaatannya. Jakarta : Rajawaali Press.

Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan.

Bandung : Alfabeta.

Sasmoko. 2004. Metode Penelitian. Jakarta : UKI Press.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka

Cipta.

Sobur, Alex. 2009. Psikologi Umum. Bandung : Pustaka Setia.

Soedjirto. 1993. Menuju Pendidikan Nasional Yang Relevan dan Bermutu. Jakarta :

Balai Pustaka.

Sudjana, Nana. 2005. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.

_______. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Rosdakarya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,

dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Supardi U.S & Leonard. 2009. Pengaruh Kompensasi Bekerja dan Motivasi Kerja

Terhadap Kinerja Guru Di DKI Jakarta. Jakarta : Faktor Exacta Unindra.

Supardi, dkk. 2009. Profesi Keguruan Berkompetensi dan Bersertifikat. Jakarta :

Diadit Media.

Syah, Darwyan, dkk. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Diadit Media.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung :

Rosdakarya.

Uno, Hamzah B. 2006. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang

Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

_______. 2008. Profesi Kependidikan Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan

Di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.

Uyanto, Stanislaus S. 2009. Pedoman Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta : Graha

Ilmu.

Uzer Usman, Moh. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Widarjono, Agus. 2010. Analisis Statistika Multivariat Terapan. Yogyakarta :UPP

STIM YKPN.

Wijaya, Cece. 1991. Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar.

Bandung : Remaja Rosdakarya.

Winkel, W.S. 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Gramedia.

_________. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v1i3.73

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2011 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

Publisher:
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats