Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika

Ukti Lutvaidah(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan pendekatan pembelajaran terhadap penguasaan konsep matematika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Subjek penelitian sebagai populasi seluruh siswa SMP Negeri di Kota Tegal dengan populasi terjangkau siswa di SMP Negeri 17 dan SMP Negeri 18 Kota Tegal dan sampel dipilih secara random 120 orang. Penelitian dilaksanakan mulai 22 Oktober sampai 20 November 2014. Data yang digunakan diperoleh melalui teknik tes sertadianalisis menggunakan analisis kuantitatif dengan teknik anava dua jalan. Dalam hal ini perhitungan hipotesis menggunakan SPSS 20.0. Hasil penelitian diperoleh: (1) Terdapat pengaruh yang sangat signifikan pengaruh metode pembelajaran terhadap penguasaan konsep Matematika siswa. (2) Terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran yang signifikan terhadap penguasaan matematika siswa. (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan interaksi metode pembelajaran dan pendekatan pembelajaran terhadap penguasaan konsep Matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep matematika dengan menggunakan metode pembelajaran Complette Sentence dan pendekatan pembelajaran konsep lebih tinggi dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran proses.

 Kata Kunci. Metode Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran, Penguasaan Konsep Matematika

 


Full Text:

PDF

References


Fathurrahman & Sutikno. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sabari, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar dan Microteaching. Jakarta: Quantum Teaching.

Sagala, Saeful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: PT. Alfabeta.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2013. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: PT. Change Publication.

Suparman I. A. 2013. Aplikasi Komputer Dalam Penyusunan Karya Ilmiah. Tanggerang: PT. Pustaka Mandiri.

Uno Hamzah B. 2012. Belajar Dengan Pendekatan PAIIKEM. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Pakparhan, Efendi. Teknik Pembelajaran Guide Note Taking. www.tugasakhiramik.blogspot.com (akses 20 April 2014)

Purnomo, Edi. 2012. Model Pembelajaran Complete Sentece. http: //poyoth-p.blogspot.com /.../model-pembelajaran-complete-sentence (diakses 20 April 2014)

Seplitsari, Mira. 2013. Makalah Metode Pembelajaran. http: //id.slideshare.net/miraseplitasari/makalah-metode-pengajaran (diakses 16 Oktober 2014)

Suhaimi, Afrial. 2012. Pendekatan Proses. http: //maistrofisika.blogspot.com/ 2009/05/lt.fisika.html (diakses 2 November 2014)




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i3.653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

Publisher:
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats