Pengaruh Konsep Diri dan Kecemasan Belajar terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Jakarta Barat

Muslihatul Hidayah(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung konsep diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, pengaruh langsung kecemasan belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan pengaruh langsung konsep diri terhadap kecemasan belajar serta pengaruh tidak langsung konsep diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika melalui kecemasan belajar.Metode penelitian yang digunakan teknik penelitian survei. Sampel berjumlah 95 responden yang dipilih secara acak dan proporsional dari seluruh siswa di Madrasah Aliyah Negeri Jakarta Barat. Analisis data menggunakan metode analisis jalur dengan pendekatan analisis regresi dengan bantuan SPSS 20 dan uji-t sebagai uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tidak terdapat pengaruh langsung yang signifikan konsep diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika 2) Tidak terdapat pengaruh langsung yang signifikan terhadap kecemasan belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika 3)Terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan konsep diriterhadap kecemasan belajar 4) Tidak terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan konsep diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematikamelalui kecemasan belajar.

 Kata Kunci: Konsep Diri, KecemasanBelajar, Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika.


Full Text:

PDF

References


Agustian, Hendriati. 2006. Psikologi Perkembangan.Bandung: Refika Aditama.

Al-Badri. 2012. “Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika”. http://pengalaman-al-badri.blogspot.com. 9 Mei 2014.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Ensiklopedi Kebahasaan Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful. 2005. Guru dan Anak Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasan Alwi, dkk.2004. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hasan, Iqbal. 2004. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hayati, Sri. 2014. Pengaruh Konsep Diri, Kemandirian Belajar dan Sikap Siswa pada Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika. Skripsi. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.

Hutagulung, Inge. 2007. Pengembangan Kepribadian Tinjauan Praktis Menuju Pribadi Positif. Jakarta: Indeks.

I.A, Suparman. 2013. Aplikasi Komputer dalam Penyusunan Karya Ilmiah. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. MATEMATIKA Edisi Revisi 2014 SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Semester 1. Jakarta.

Leonard dan Supardi U.S. 2010. Pengaruh konsep diri, sikap siswa pada matematika dan kecemasan siswa terhadap hasil belajar matematika. Cakrawala Pendidikan, XXIX (3).

Nana Sudjana dan Ahmadi Rivai. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Sinar Baru Algesindo.

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Omrod, Jeanne Ellis. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Ponohardjo. 2008. Perencanaan Penelitian Pendidikan Matematika. Badan Penerbitan Universitas Pancasakti Tegal.

Ponohardjo. 2009. Profesi Kependidikan. Badan Penerbitan Universitas Pancasakti Tegal.

Purwanto. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rakhmat, Jalaluddin. 2009. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sasmoko. 2004. Metode Penelitian. Jakarta: UKI Press.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soraya, Nova. 2013. Pengaruh Konsep Diri, Kecemasan Belajar dan Persepsi pada Iklim Sekolah terhadap Prestasi Belajar Matematika. Skripsi. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2012. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Ufuk Publishing House.

Susongko, Purwo. 2010. Penilaian Hasil Belajar. Badan Penerbitan Universitas Pancasakti Tegal.

Suyatno. 2014. Pengaruh Media Pembelajaran dan Konsep Diri Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.

Virgana. 2014. Buku Panduan Penulisan Tesis. Jakarta: Pustaka Mandiri.

Virgana. 2014. Manajemen Kurikulum MIPA.Tangerang: Pustaka Mandiri.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i3.652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

Publisher:
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats