Pengaruh Konsep Diri dan Kemampuan Komunikasi Interpersonal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika

Sepni Yanti(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis konsep diri dan kemampuan komunikasi interpersonal terhadap kemampuan berfikir kritis matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survai. Subjek penelitian sebagai populasi seluruh siswa SMP Depok dengan populasi terjangkau siswa di SMP Negeri 8 dan SMP Mutiara Bangsa Depok dan sampel dipilih secara random 85 orang. Penelitian dilaksanakan mulai September hingga Desember 2014. Data yang digunakan diperoleh melalui teknik tes serta dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dengan teknik analisis jalur. Dalam hal ini perhitungan hipotesis menggunakan SPSS 20.0. Hasil penelitian diperoleh: (1) Terdapat pengaruh langsung variabel konsep diri dengan terhadap kemampuan komunikasi interpersonal dengan nilai thitung = 3,012. (2) Terdapat pengaruh langsung konsep diri terhadap kemampuan berfikir kritis Matematika dengan nilai thitung = 2,482. (3) Terdapat pengaruh langsung negative kemampuan komunikasi interpersonal terhadap kemampuan berfikir kritis matematika dengan nilai thitung = -1,308 (4) Tidak terdapat Pengaruh Tidak Langsung konsep diri (X1) terhadap kemampuan berfikir kritis (Y) melalui kemampuan komunikasi interpersonal (X2) dengan berdasarkan nilai thitung = 0,148. Implikasi dari penelitian ini antara lain: (1) Secara praktis penelitian ini dapat memberikan masukan kepada guru agar mengarahkan konsep diri dan komunikasi interpersonal siswa kea rah yang positif agar siswa dapat memiliki kemamapuan berfikir kritis matatika yang baik (2) Secara teoritis penelitian dapat menambah ilmu pengetahuan dalam pendidikan bagi institute maupun akademis dan mahasiswa.

Kata Kunci: Konsep Diri, Kemampuan Komunikasi Interpersonal, Kemampuan Berfikir Kritis Matematika


Full Text:

PDF

References


A.W, Suranto. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ennis. 2009. Critical Thinking Test. USA: Bright Minds.

Farozin Muhammad. 2004. Pemahaman Tingkah Laku. Jakarta: PT.Asdi Mahasatya

Rakhmat, Jalalidin. 2012. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Supardi. 2013. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: PT. Change Publication.

Suparman I. A. 2013. Aplikasi Komputer Dalam Penyusunan Karya Ilmiah. Tangerang: PT. Pustaka Mandiri.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i3.645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

Publisher:
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats