Pengaruh Strategi Pembelajaran Elaborasi terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar

Ulfah Hernaeny(1*), Edward Alfin(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tentang perbedaan pengaruh strategi pembelajaran matematika elaborasi dan konvensional terhadap hasil belajar matematika, pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran matematika (elaborasi/konvensional) dan motivasi belajar matematika peserta didik, perbedaan hasil belajar matematika peserta didik yang belajar menggunakan strategi pembelajaran matematika elaborasi dan konvensional pada peserta didik yang bermotivasi belajar tinggi, perbedaan hasil belajar matematika peserta didik yang belajar menggunakan strategi pembelajaran matematika elaborasi dan konvensional, pada peserta didik yang bermotivasi rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Sampel sebanyak 60 peserta didik yang diambil secara random dan berstrata berdasarkan perbandingan jumlah peserta didik di setiap kelas. Analisis data meliputi: analisis deskriptif, uji normalitas, uji Homogenitas, uji Anova dua arah dan Uji Lanjut. Hasil penelitian menunjukan: 1) Hasil belajar matematika peserta didik yang belajar dengan strategi belajar elaborasi lebih tinggi dari peserta didik yang diajar dengan strategi konvensional, atau dengan kata lain terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara strategi belajar elaborasi dengan konvensional terhadap hasil belajar matematika peserta didik. 2) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran matematika dan tingkat motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik. 3) Pada kelompok peserta didik bermotivasi belajar tinggi, tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara yang diajar dengan strategi elaborasi dan strategi konvensional. 4) Pada kelompok peserta didik bermotivasi belajar rendah, hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan strategi elaborasi lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan yang diajar menggunakan strategi konvensional. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa secara signifikan terdapat interaksi pengaruh strategi belajar matematika dan tingkat motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Secara keseluruhan ditemukan bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan strategi belajar elaborasi lebih tinggi daripada strategi belajar konvensional.

 Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Matematika.


Full Text:

PDF

References


Andi Hakim Nasution. 1982. Landasan Matematika. Bhrata Karya Aksara. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi.1992. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur PenelitianSuatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi V). Jakarta: Rineka Cipta

Badudu. J.S. dan Sutan Muhammad Zain. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Buchori Kifli dan Mustofa Usman. 1985. Prinsip-prinsip Matematika. Sinar Baru. Bandung.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Daiman.1994. Matematika 1. Ganeca Exact. Bandung.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar. GBPP Mata Pelajaran Matematika. Jakarta.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Mengajar Matematika. IKIP Malang. Malang.

Hudoyo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud

Jujun Suriasumantri. 1993. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Sinar Harapan. Jakarta.

Lubis, Zulkifli. 1998. Teori Belajar. Jakarta: STKIP Wijya Bakti

Morgan. Cliffor T. and Richard A. King and Nancy M. Robinson. 1979. Introduction to Phschology. Tokyo: McGraw Hill & Kogakusha Limited

Mohammad Nazir. 1988. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Nasution, Andi Hakim. 1980. Landasan Matematika. Jakarta: Bhratara Karya Aksar

______. 1992. Didaktik Azas-Azas Mengajar. Bandung: Jemmars

Ng Kim Choy. 2000. Pendekatan. Strategi. Kaedah dan Tehnik?. Situs http://www.teachersrock.net/pdkt.htm

Purwanto M. Ngalim. 1988. Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Prayitno, Elida. 1989. Motivasi Dalam Belajar. Jakarta : Depdikbud

Rasyad, Aminudin. 2003. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: UHAMKA Press & Yayasan PEP-Ex 8

Ridwan. 2005. Belajar mudah Penelitian untuk Guru- karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Rohani, Ahmad dan Abu Ahmadi. 1991. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Rohani, Ahmad dan Abu Ahmadi. 1990. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Russefendi. 1980. Pengantar Matematika. Tarsito. Bandung.

Rusyan Tabrani. 1993. Proses Belajar Mengajar Yang Efektif. PT. Bina Budhaya. Jakarta.

Ridho Mochammad dkk. 2006. Pendalaman Materi Sukses Ujian Nasional. Akasia. Jakarta

Suherman, Eman. dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontenporer. Bandung: BEPI

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. PT. Raneka Cipta. Jakarta.

Sudjana Nana. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Sudjana Nana. 1992. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi. Tarsito. Bandung.

Sudjana Nana. 1991. Teori-teori Belajar untuk Pengajaran. Lembaga Penerbit. FEUI. Jakarta.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Afabeta

Suriasumantri. Jujun S. 1993. Filsafat Ilmu (Sebuah Pengantar Populer). Jakarta: Gramedia

Suparman. Atwi 2005. Disain Instrumentional. Proyek Pengembangan Pusat Fasilitas. Jakarta.

Soemanto Wasty.1988. Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Uno. Hamzah. 1991. Model Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.

W. S. Winkel. 1987. Psikologi Pengajaran. PT. Gramedia. Jakarta.

Yamin. Martinus. 2007. Kiat Membelajarkan Peserta didik. Gaung Persada Press. Jakarta.

Zulkardi. 2013. How to Design Mathematics Lessons based on the Reastic Approach. Situs: www.geocities.com/ratuilmu.co.id




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i3.644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Universitas Indraprasta PGRI

Publisher:
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats