The Effect of Project-Based Learning (PjBL) Models on Improving Students' Understanding of Concepts, Retention, and Social Attitudes
(1) SMA 1 Ambon
(2) Universitas Pattimura
(3) Universitas Pattimura
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aryani, A. K., Suwono, H., & Parno. (2017). Peningkatan hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran berbasis proyek dengan peer assessment pada konsep klasifikasi makhluk hidup. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(8), 1141-1148. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i8.9908
Bhinnety, M. (2008). Struktur dan proses memori. Buletin Psikologi, 16(2), 74-88. https://doi.org/10.22146/bpsi.7375
Budiningsih. (2005). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fajrina, R. N. A. A., Handayanto, S. K., & Hidayat, A. (2018). Peran model project based learning dalam kemampuan berpikir kreatif kelas XI IPA melalui materi fluida statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(3), 291-295. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i3.10625
Gusti, S. W. (2017). Analisis hasil implementasi Kurikulum 2013 dalam aspek sikap, pengetahuan,dan keterampilan pada mata pelajaran biologi SMA di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi, 6(5), 312-322. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pbio/article/viewFile/8127/773 3
Gusviani, E. (2016). Analisis kemunculan sikap spiritual dan sikap sosial dalam kegiatan pembelajaran IPA Kelas IV SD yang menggunakan KTSP dan Kurikulum 2013. Edu Humaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 96-100. https://doi.org/10.17509/eh.v7i2.2706
Jagantara, I. M. W., Adnyana, P. B., & Widiyanti, N. L. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) terhadap hasil belajar biologi ditinjau dari gaya belajar siswa SMA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4(1), 1-12.
Kusrahmadi, S, D. (2007). Pentingnya pendidikan moral bagi anak Sekolah Dasar. Dinamika Pendidikan, 1(14), 118-130.
Kurniawan, H. R., Elmunysah, H., & Muladi. (2018). Perbandingan penerapan model pembelajaran project based learning dan think pair share berbantuan modul ajar terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa kelas XI di SMKN 3 Malang. Jurnal Pendidikan, 3(2), 80-85. http://dx.doi.org/10.26740/jp.v3n2.p80-85
Meyer, J. H. F., &. Land, R., (2005). Threshold concepts and troublesome knowledge (2): Epistemological considerations and a conceptual framework for teaching and learning. Higher Education, 49, 373-388. https://doi.org/10.1007/s10734-004-6779-5
Lubis, N. F., & Simatupang, Z. (2014). Peningkatan daya retensi siswa terhadap konsep- konsep biologi melalui pemanfaatan media adobe flash pada model pembelajaran langsung. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 654-664.
Lubis, A. R., & Manurung, B. (2010). Pengaruh Model dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar dan Retensi Siswa Pada Pelajaran Biologi Di SMP Swasta Muhamadiah Serbelawan. Jurnal Pendidikan Biologi, 1(3): 186-206
Nusantari, E. (2018). Kajian faktor yang mempengaruhi retensi siswa SMA (Analisis hasil penelitian eksperimen dan PTK). Prosiding Seminar Nasional Universitas Gorontalo, 1-17. Retrieved from http://repository.ung.ac.id/karyailmiah/show/1521/kajian-faktor-yang-mempengaruhi-retensi-siswa-sma-analisis-hasil-penelitian-eksperimen-dan-ptk.html
Perta, P. A., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Peningkatan aktivitas dan kemampuan menalar siswa melalui model pembelajaran siklus belajar 5E. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 72-82. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.72-81
Palangda, L. (2017. Pengaruh lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga terhadap minat belajar ekonomi peserta didik di SMKN 4 Makassar. Tesis. Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/4454/1/TESIS%20LISTRIYANTI%20PALANGDA..pdf
Patton, A. (2012). Work that matters the teacher’s guide to project-based learning. Published by the Paul Hamlyn Foundation. Retrieved from https://www.innovationunit.org/wp-content/uploads/2017/04/Work-That-Matters-Teachers-Guide-to-Project-based-Learning.pdf
Pardo, L. S. (2004). What every teacher needs to know about comprehension. The Reading Teacher, 58(3), 272-280. https://doi.org/10.1598/RT.58.3.5
Rumahlatu, D., & Sangur, K. 2019. The influence of project-based learning strategies on the metacognitive skills, concept understanding and retention of senior high school students. Journal of Education and Learning, 13(1), 104-110. https://doi.org/10.11591/edulearn.v13i1.11189
Rumahlatu, D. & Sangur, K. (2017). Implementation of project-based learning strategies to improve metacognitive skills and understanding of biodiversity concepts in state high school 2 Kairatu, West District of Seram. The 2nd International Seminar on Education. 1, 43-48. Retrieved from https://ojs.unpatti.ac.id/index.php/ises/article/view/127/79
Rohana, R. S., & Wahyudin, D. (2016). Project based learning untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa SD pada materi makanan dan kesehatan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(3), 235-243. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/4817/3373
Sastrika, I. A. K., Sadia, I. W., & Muderawan, I. W. (2013). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap pemahaman konsep kimia dan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(2), 1-10. Retrieved from http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/799
Silmiati, N. Y. (2017). Perbandingan retensi siswa SMP pada pembelajaran IPA terpadu konsep cahaya antara model pembelajaran berbasis masalah dan metode pembelajaran inkuiri. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(1), 60-68. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/6637/4511
Sufahmi, A., & Safitri, R. (2017). Peningkatan Ketuntasan Belajar Dan Sikap Sosial Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Untuk Tutor Sebayapada Konsep Gerak Harmonik Sederhana. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 10-18. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9808
Sukmawati, I., Ramadani, S. D., Fauzi, A., & Corebima, A. D. (2015). Perbedaan pemberdayaan retensi antara siswa sma akademik rendah dan tinggi melalui pembelajaran cooperative script dalam pembelajaran biologi. Prosiding Seminar Nasional Biologi/IPA dan Pembelajarannya, 662-667.
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41-54. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703
Trianto. (2014). Model pembelajaran terpadu: Konsep, strategi, dan implementasinya dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Winarti, T. & Nurhayati, S. (2014). Pembelajaran praktikum berorientasi proyek untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2), 1409-1420.
Wulandari, V. C. P., Al-Muhdhar, M. H. I., & Suhadi. (2016). Pembelajaran role playing dipadu group investigation berbantuan komik program KRPL sebagai upaya untuk mengembangkan kemampuan kognitif dan sikap sosial. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(6), 1191-1195. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i6.6473
Yance, R. D., Ramli, E., & Mufit, F. (2013). Pengaruh penerapan model project based learning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Pillar of Physics Education, 1(1), 1-11. http://dx.doi.org/10.24036/490171074
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v10i2.5947
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-nd/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Publisher: Institute for Research and Community Services (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
![Creative Commons License](https://i.creativecommons.org/l/by-nc-nd/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
View My Stats