Everyone Is A Teacher Here Effect on Science Learning Achievement Based on Critical Thinking Skills

Riska Oktalia(1*), Astuti Wijayanti(2), Tias Ernawati(3)

(1) Pendidikan IPA FKIP Universitas sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
(2) riskaoktalia89@gmail.com
(3) Pendidikan IPA FKIP Universitas sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


This research is a quasi-experiment that aims to know: (1) the difference of science learning achievement between the learning method of everyone is a teacher here with the method of discussion learning (2) the difference of science learning achievement for high and low critical thinking skill (3) the interaction between learning method and the critical thinking skill of the learning achievement of science. Design research using factorial design 2x2. Data collection techniques using test techniques, observation techniques, questionnaires, and documentation. Data analysis techniques for hypothesis testing using a two-way ANOVA test. Based on the results of this research, it can be concluded that: (1) there is a very significant difference the learning outcomes of science between the learning method of everyone is a teacher here with the method of discussion learning (p = 0,000) (2) there is a very significant difference of science learning achievement for high and low critical thinking skills (p = 0,000) and (3) there is a significant interaction between the learning method and the critical thinking skill of the learning achievement (p = 0,040).

Keywords


Everyone Is A Teacher Here, Science Learning Achievement, Critical Thinking Skill.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Depdiknas. (2011). Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Secara Terpadu. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Depdiknas. Jakarta.

Ismail SM. (2008). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Semarang: RaSail Media Group.

Juhji. (2016). Peningkatan keterampilan proses sains siswa melalui pendekatan inkuiri terbimbing. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2 (1), 58-70.

Labibah, R.M., & Ernawati, T. (2017). Pengaruh peta konsep terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. NATURAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4(2), 19-25.

Lestari, I.N.(2015). Pengaruh metode everyone is a teacher here terhadap aktivitas dan hasil belajar geografi. Jurnal Pendidikan Geografi, 3 (6), 4-8.

Mashfufah, A., & Utama, C.(2016). Penerapan strategi pembelajaran think-talk-write untuk meningkatkan kemampuan diskusi pada pokok bahasan evolusi. Jurnal Pena Sains, 3(1), 1-10.

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahayuni, G. (2016). Hubungan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains pada pembelajaran IPA terpadu dengan model PBM dan STM. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131-146.

Rumi, E. (2017). Meningkatkan hasil belajar dan berpikir kritis menggunakan problem solving. NATURAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4(2), 41-47

Saefuddin, A., & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W.(2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Saputri, A.C.,Sajidan, & Rinanto, Y. (2017). Identifikasi keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi menggunakan window shopping. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS). 131-135.

Saputro, S.D., Sarwanto, & Suparmi. (2014). Pembelajaran fisika dengan pendekatan konstruktivisme melalui metode mind map dan diskusi ditinjau dari kemampuan memori dan verbal siswa. Jurnal Pena Sains, 1(2), 64-75.

Setiawan, M.R., Chrisnawati, H.E., & Setiawan, R. (2018). Penerapan strategi everyone is a teacher here untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa kelas X-MIA Al-Islam Jamsaren Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM) Solusi, 2 (2), 153-160.

Sukardi. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sulistiyawati &Andriani, C. (2017). Kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi berdasarkan perbedaan gender siswa. Wacana Akademika, 1(2), 127-141.

Sumarni, Harum, A.H., & Imran.(2015). Penerapan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV sekolah dasar kecil Toraranga pada mata pelajaran PKn pokok bahasan sistem pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(4), 12-22.

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah Wawasan Baru, Beberapa Metode Pendukung, dan Beberapa Komponen Layanan Khusus. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanti, C., & Suhendri, H. (2017). Pengaruh metode everyone is a teacher here terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, Fakultas Teknik, MIPA, Universitas Indraprasta PGRI, 715-723.

Suteja, I.P. & Wijayanti, A. (2017). Pendekatan sains teknologi masyarakat terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII. NATURAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4(1), 1-6.

Uswatun, D.A. & Rohaeti, E. (2015). Perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri untuk meningkatkan critical thinking skills dan scientific attitude siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2). 138-152.

Utami, D.A., Ramalis, T.R., & Saepuzaman, D. (2016). Penerapan model pembelajaran inkuiri abduktif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep pada materi dinamika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(2), 176-185.

Yanti, P.D.K.(2017). Penerapan metode everyone is a teacher here untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS kelas VIII C SMP Negeri 2 Sukasada tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 1-11.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v8i3.2797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Publisher:
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats