The Development of Engklek Geometri Learning Media to Preserve Traditional Game
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya
(2) Universitas Muhammadiyah Surabaya
(3) Universitas Muhammadiyah Surabaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Adpriyadi (2017). Permainan tradisional engklek untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar kelompok B. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 187-198.
Al-Tabany, T. I. (2017). Mendesain Model Pembelajaran: Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. (T. T. Tutik, Penyunt.) Jakarta: Kencana.
Barnawi, & Arifin, M. (2017). Microteaching: Teori & Praktik Pengajaran yang Efektif dan Kreatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Desvarosa, E. (2016). Penerapan permainan tradisional engklek dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Bina Guna. Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED, 6(1), 109-116.
Irwanto, Aspilayani, & Wahyuddin. (2014). Implementasi media pembelajaran berbasis permainan tradisional dalam rangka pengembangan pendidikan dan karakter bangsa. Jurnal PENA: Penelitian dan Penalaran, 1(1), 21-30.
Layn, M. R. (2018). Improving mathematics learning outcomes through cooperative learning model type NHT in grade VIII A students MTs Muhammadiyah. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(1), 43-50. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v8i1.2319
Leonard, L., & Linda, N. N. (2018). Pengaruh kecerdasan logis-matematis dan kecerdasan musikal terhadap higher order thinking skills (HOTS). KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 193–208. http://doi.org/http://dx.doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol3no2.2018pp193-208
Mardayani, K. T., Mahardewi, L. P., & Magta, M. (2016). Penerapan permainan tradisional engklek untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar kelompok B di PAUD WIDHYA LAKSMI Singaraja Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(3).
Mudlofir, A., & Rusydiyah, E. F. (2016). Desain Pembelajaran Inovatif: dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Safitri, W. (2014, Desember 11). Permainan Tradisional Engklek. Dipetik Desember 26, 2017, dari Permainan Tradisional Indonesia: https://www.permainan-tradisional.com/2014/12/permainan-tradisional-engklek.html
Saputra, S. Y. (2017). Permainan tradisional vs permainan modern dalam penanaman nilai karakter di sekolah dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1 (1), 85-94.
Syahmaidi, E. (2015). Pengembangan media e-learning mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi untuk kelas XI SMA. Jurnal Ipteks Terapan : research of applied science and education, 9(1), 88-97. DOI: http://dx.doi.org/10.22216/jit.2015.v9i1.40
Uyun, Q., Holisin, I., & Kristanti, F. (2017). Pengembangan media handout segitiga dengan model problem based instruction. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 115-128.
Yasari, K. M., Tegeh, I. M., & Ujianti, P. R. (2017). Pengaruh permainan tradisional engklek terhadap kemampuan anak dalam mengenal angka pada kelompok B di TK Bayu Kumadhala Bubunan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 5(2), 1-10.
Yaumi, M. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran Disesuaikan dengan Kurikulum 2013. (D. Sidik, & N. Ibrahim, Penyunt.) Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Yulvinamaesari, & Tenriawaru, E. P. (2017). Analisis kemampuan berpikir kreatif mahasiswa fisika. Dinamika, 8(1), 41-55.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v8i3.2710
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Publisher: Institute for Research and Community Services (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
View My Stats