The Influence of Brainstroming Learning Methods on Mathematics Learning Motivation in Class X Students of SMK Koperasi Pontianak
(1) IKIP PGRI PONTIANAK
(2) IKIP PGRI PONTIANAK
(3) IKIP PGRI PONTIANAK
(4) IKIP PGRI PONTIANAK
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Amin, D. (2016). Penerapan Metode Curah Gagasan (Brainstorming) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(2), 1–15.
Junita, P., Juwita, H., & Siswanto, J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Brainstorming terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Kubus. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 8(2), 67–71.
Lanya, H., & Aini, S. D. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Osborn Dengan Teknik Brainstorming Pada Mata Kuliah Metode Numerik. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1), 9–16.
Nahdi, D. S. (2019). Efektivitas pendekatan brainstorming teknik round-robin dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 11–22.
Rifa, A. (2011). I dan Catharina Tri Anni. Psikologi Pendidikan.
Sardiman, A. M. (2017). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Cipta Prakasa Sejati.
Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatifdan R&D. Alfabeta.
Syah, M. (2016). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tampubolon, R. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Sdn 164319 Tebing Tinggi. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(3), 238–246.
Wina, S. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Yuniati, D. R. Z., Ardana, I. M., & Waluyo, D. (2014). Pengaruh model pembelajaran brainstorming terhadap partisipasi dan prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 2(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v13i2.19333
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Publisher: Institute for Research and Community Services (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
View My Stats