Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa
(1) Univ. Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Alwi, H. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Astuti, S.P. 2015. Pengaruh kemampuan awal dan minat terhadap prestasi belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 68-75.
Departemen Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud. 2011. Survey International PISA [Online]. http: //litbang.kemendikbud.go.id/index.php/-survei-internasional-pisa. (Diakses: 19 April 2017, 11: 50).
Departemen Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud. 2011. Survey International TIMSS [Online]. http: //litbang.kemendikbud.go.id/-index.php/survei-internasional-timss. (Diakses: 19 April 2017, 12: 00).
Fadholi, A. 2010. Metode TPS (Think Pair Share). [Online]. http: //ariffadholi.blogspot.co.id/2010/09/metode-tps-think-pair-share.html. (Diakses: 06 Juli 2017, 23: 00).
Hikmah, N. 2016. Pengaruh problem based learning terhadap kemampuan pembelajaran berpikir kreatif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, h. 481-488. Jakarta: Unindra Press.
Holisin, I. 2016. Meningkatkan Partisipasi Siswa Kelas VII SMP Maryam Surabaya Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. (Diakses 15 Maret 2016).
Indrawati, F. 2013. Pengaruh kemampuan numerik dan cara belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 215-223.
Isjoni. 2014. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Kuswati. 2012. Ekperimentasi metode discovery dan think pair share (TPS) terhadap hasil belajar matematika siswa ditinjau dari kemampuan analogi matematis siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika. UNY Yogyakarta.
Leonard. 2013. Peran kemampuan berpikir lateral dan positif terhadap prestasi belajar evaluasi pendidikan. Cakrawala Pendidikan, 32(1), 54-63.
Leonard dan Supriyati, S. K. 2010. Peran belajar matematika terhadap konsistensi diri siswa (survei terhadap siswa-siswi sekolah menengah atas di Kabupaten Karawang Tahun 2010/2011). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(2): 153-161.
Leonard dan Amanah, N. 2014. Pengaruh adversity quotient (aq) dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar matematika. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 55-64.
Mayasa. 2013. Kelebihan KekuranganThink Pair Share (TPS). [Online]. http: //m4y-a5a.blogspot.co.id/2012/10/kelebihan-kekurangan-think-pair-share.html. (Diakses 07 Juli 2017, 21: 10).
Nasikhah, Q. & Sapti, M. 2011. Eksperimentasi model pembelajaran think pair share terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII SMP sekecamatan. Prosiding dan Pendidikan Matematika. UNY Yogyakarta.
Mulyatiningsih, E. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
OECD. 2015. Result From PISA 2015. https: //www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf. Diakses pada 02 Juni 2017.
Prasetyo, H. & Suhendri, H. 2016. Pengaruh metode pembelajaran brain based learning (bbl) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Unindra, Jakarta: FTMIPA Unindra.
Sari, A. D. 2016. Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap kemampuan berpikiir kreatif matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, h. 91-99. Jakarta: Unindra Press.
Sari, K. M., dkk. 2016. Pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap kamampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui problem posing. UPI.
Septiana, E. & Ahdiyat, M. 2015. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika. Dalam Leonard (Editor). EduReseaerch, Vol. 1, h. 251-256. Jakarta: Unindra Press.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfa Beta.
Uno, H. 2012. Belajar Dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.
Wena, M. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1877
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA
Publisher: Institute for Research and Community Services (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
View My Stats