Hubungan Motivasi Berprestasi dan Persepsi pada Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa

Yulistiana Yulistiana(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitiaan ini yaitu 1) mengetahui hubungan motivasi berprestasi
terhadap hasil belajar Biologi siswa, 2) mengetahui hubungan persepsi siswa pada metode pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar Biologi siswa, 3) mengetahui pengaruh motivasi berprestasi dan persepsi siswa pada metode pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar Biologi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dan survei. Sampel berukuran 56 siswa yang terdiri atas 28 siswa kelas eksperimen dan 28 siswa kelas kontrol, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu cluster sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar Biologi bentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban, sebanyak 30 soal yang telah diuji
validitasnya dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,88; dan angket motivasi berprestasi sebesar 0,89. Setelah melalui uji prasyarat data, yaitu normalitas dan regresi, kemudian data dianalisis dengan menggunakan konsep product moment diperoleh r12 = 0,6020, ry1 = 0,7397, ry2 = 0,7822, dan ry12 = 0,8516. Menunjukkan adanya pengaruh langsung sebesar 36,24% untuk r12, 54,71% untuk ry1 (cukup tinggi), 61,18% untuk ry2 (cukup tinggi) dan 72,52% untuk ry12 (tinggi). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh motivasi terhadap hasil belajar Biologi, walaupun dalam hal ini penggabungan antara motivasi berprestasi dan metode pembelajaran problem solving yang lebih berpengaruh terhadap hasil belajar Biologi siswa.


Keywords


motivasi berprestasi, metode pembelajaran, problem solving, hasil belajar Biologi

Full Text:

PDF

References


Ackinson, Rita dkk, 1991. Pengantar Psikologi Edisi ke – 8 Editor Agus Dharma, Jakarta.

Arikunto. Suharsimi. Manajemen Penelitian. Jakarta: Dikti. 2005.

_______. Prosedur Penelitian. 2012Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyani Sumantri.,Johar Permana. 1988. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas.

Sudjana. Metode Statistik. Bandung: Tarsito. 2002.

_______. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi. Bandung: Tarsito. 2003.

_______. Metode Penelitian. Bandung: Tarsito. 2008.

Sudjana, Nana. 1990. Teori-Teori Belajar Untuk Pengajaran. Jakarta: FEUI.

Suryabrata, Sumadi. 2000. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Andi.

Winkel, W.S. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Grasindo.

Nasution, Wahyudin Nur. Efektivitas Strategi Pembelajaran Kooperatif dan Ekspositori terhadap Hasil Belajar Sains ditinjau dari Cara Berpikir. Didownload 31 Juli 2013.

dari http://www.wikipedia.com.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v4i2.150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

Publisher:
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats