The Influence of Powerpoint-Based Discovery Learning Models on Biology Student Learning Outcomes
(1) Universitas Labuhanbatu
(2) Universitas Labuhanbatu
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Azhari. (2015). Penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI-IPA1 pada materi sistem pernapasan di SMA Negeri Unggul Sigli. Jurnal Biologi Edukasi, 7(1), 13–21. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JBE/article/download/5487/4605
Bakkenes, I., Vermunt, J. D., & Wubbels, T. (2010). Teacher learning in the context of educational innovation: Learning activities and learning outcomes of experienced teachers. Learning and instruction, 20(6), 533-548.
Firmansyah, D. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Pendidikan UNSIKA, 3(1), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996
Fitriyah, A. M. dan R. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MAN Model Kota Jambi. 9(2), 108–112.
Hasmi Syahputra Harahap, N. A. (2021). Pengaruh model pembelajaran guided inquiry dan modified free inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMA Negeri 1 Kotapinang. Biolectura, 8(2), 119–128.
Hu, G. (2005). English language education in China: Policies, progress, and problems. Language Policy, 4(1), 5-24.
Kosilah, & Septian. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe ASSURE dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1139–1148.
Lingo, A. S., Barton-Arwood, S. M., & Jolivette, K. (2011). Teachers working together: Improving learning outcomes in the inclusive classroom-practical strategies and examples. Teaching Exceptional Children, 43(3), 6-13.
Medianty, S. U., Bahar, A., & Elvinawati. (2018). Penerapan model discovery learning dengan menggunakan media video untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. ALOTROP: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 2(1), 58–65. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/alotropjurnal/article/view/4689
Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. (2018). Penggunaan power point sebagai media pembelajaran: efektifkah? WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 43. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10939
Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2018). Pengaruh model pembelajaran discovery learning melalui lesson study terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 160–167. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20
Ratnasari, K. I. (2019). Proses pembelajaran inquiry siswa MI untuk meningkatkan kemampuan matematika. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 100–109. https://doi.org/10.36835/au.v1i1.166
Tohari, H. (2021). Penggunaan Media Power Point untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Siswa Dalam Mempelajari Letak dan Luas Benua di Kelas IX-4 MTS Negeri 7 Blitar Tahun Pelajaran 2018-2019. 1(1), 1–6.
Yusfita, R., Pendidikan, E., Sosial, I. P., & Sarjana, P. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning, media pembelajaran power point dan prestasi belajar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 11(1), 1858–4985. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI
Khairiyah, M. (2016). Penerapan model pembelajaran discovery learning disertai media powerpoint terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SMAN 2 Pariaman. Skripsi. Padang: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI.
Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud. Pendidikan di Indonesia belajar dari Hasil PISA 2018. https://simpandata.kemdikbud.go.id/index.php/s/tLBwAm6zAGGbofK
Raja, R., & Nagasubramani, P. C. (2018). Impact of modern technology in education. Journal of Applied and Advanced Research, 3(1), 33-35.
Stacey, K. (2011). The PISA view of mathematical literacy in Indonesia. Journal on mathematics education, 2(2), 95-126.
Sudargini, Y., & Purwanto, A. (2020). the Effect of Teachers Pedagogic Competency on the Learning Outcomes of Students. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(4), 1-8.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v12i1.12000
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Publisher: Institute for Research and Community Services (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
View My Stats