Peran Berpikir Kreatif dalam Proses Pembelajaran Matematika

Supardi U.S.(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aimed to investigate the influence of creative thinking on the subject
of mathematics learning achievement. The benefit of this study is to provide information of what the impact of creative thinking on mathematics learning achievement. The method used in this study is a survey method correlation with regression analysis. The population is class IX SMP At-Taqwa. Samples were 30 taken by purposive sampling technique. Instruments to collect data on the study of creativity in the form of a test that consists of 7 items and instruments question multiple-choice test consisting of 20 items about. From the alculations, the magnitude of the correlation coefficient or rhitung was 0.37 and the 5% significance level of 0.361 it can be seen that the price rhitung> rtabel means there is a significant correlation between creative thinking mathematics learning
achievement. From the calculation of the level test hypotheses derived Fhitung = 4.45 by looking at the tables on the distribution F with the real level of 5% or ? = 5% was obtained Ftable = 4.20 in order to obtain that Fhitung ? F table. This concluded that there are positive effects of creative thinking mathematics learning achievement.


Keywords


creative thinking, learning mathematics achievement.

Full Text:

PDF

References


Dimyati, dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fauzi, A. 2004. Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia.

Fauzi, D. A. 2007. Latihan Soal-Soal Tes Masuk Calon Pegawai Negeri Sipil. Jakarta:

PT. Kawan Pustaka.

Hakim, A. L. 2007. Menggali kreativitas siswa melalui variasi metode mengajar pada

pelajaran IPA (Sains) di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu

Sosial (JIPIS),5 (2): 56-66.

Hassoubah, Z. I. 2008. Mengasah Pikiran Kreatif Dan Kritis. Bandung: Nuansa.

Hidayatullah, N. 2010. Perbandingan prestasi belajar antara siswa dengan orang tua

tunggal dan siswa dengan orang tua utuh. Psympathic Jurnal Ilmiah

Psikologi, 3 (2): 320-331.

I. P, Lubis. 2010. Meningkatkan kemampuan dan kreativitas belajar siswa melalui

metode tutor sebaya. Jurnal Penelitian Peningkatan Kualitas Pembelajaran di

Kelas, 2 (2): 45-49.

Djaali. 2002. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Pasca Sarjana UNJ.

Juwanda, E. C. 2006. Kreativitas anak-anak bedeng kelurahan Duri Kepa-Jakarta

Barat. Jurnal Pendidikan Penabur, 5 (7): 36-48.

Kasim, M. 2007. Meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIIIA SMP

Negeri 1 Ranomeeto Konawe Selatan melalui model pembelajaran

kooperatif tipe Think-Pair-Share. MIPMIPA Majalah Ilmiah Pendidikan dan

Ilmu Pengetahuan Alam, 6 (2): 110-118.

Komarudin, D. 2011. Hubungan antara kreativitas dengan prestasi belajar siswa.

Psympathic Jurnal Ilmiah Psikologi, 4 (1): 278-287.

Lambertus, A. B. 2007. Studi perbandingan prestasi belajar matematika antara siswa

yang diajar dengan metode ekspositori dan yang diajar dengan metode

laboratorium di kelas 1 SLTP Negeri I Watubangga Kabupaten Kolaka.

MIPMIPA, 6 (2): 143-152.

Malaka, S. 2011. 99 Tips Cerdas dan Efektif Berpikir Positif dan Berjiwa Besar.

Yogyakarta: Araska.

Munandar, U. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka

Cipta.

Purwadhi. 2004. Model pembelajaran berpikir dan kemungkinan implementasinya

pada pelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Pengembangan Kurikulum dan

Teknologi, 5 (2): 42-51.

Purwanto, N. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rusdakarya.

Sappaile, B. I. 2007. Hubungan kemampuan penalaran dalam matematika dan

motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal

Pendidikan dan Kebudayaan. No. 069 tahun 13: 985-1003.

Siswono, T. Y. E. 2005. Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa

melalui pengajuan masalah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

(JMPS). 10 (1): 1-9.

Sitompul, R. 2003. Memacu potensi kreatif melalui pembelajaran. Pelangi

Pendidikan, 10 (3): 93-97.

Sudiarta, I G. P. 2007. Pengembangan pembelajaran berpendekatan tematik

berorientasi pemecahan masalah matematika terbuka untuk

mengembangkan kompetensi berpikir divergen, kritis dan kreatif. Jurnal

Pendidikan dan Kebudayaan. No. 069 tahun 13: 1004-1024.

Sultan. 2004. Perbandingan prestasi belajar siswa menggunakan LKS dan tidak

menggunakan LKS. Jurnal Ilmu Kependidikan, 1 (1): 34-40.

Sun, P. K. 2011. Menikmati Belajar Secara Kreatif. Yogyakarta: Samudra Biru.

Suwarma, D. M. 2009. Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jakarta: Cakrawala

Mahakarya.

Thobroni, M. & Arif Mustofa. 2011. Belajar Dan Pembelajaran. Pengembangan

Wacana Dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional.

Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i3.107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

Publisher:
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats