Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Media Pembelajaran Berupa Charta untuk Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia, Siswa Kelas VIII-3 SMPN 270 Jakarta

Rismurdiyati Rismurdiyati(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk meningkatkan pemahaman siswa
dalam pengamatan charta organ tubuh manusia khususnya organ pencernaan. 2) Untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran charta dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan) dan reflection (refleksi). Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 di SMP Negeri 270 Jakarta Utara. Data yang diperoleh berupa hasil uji kompetensi dan lembar observasi siswa dan guru selama kegiatan belajar mengajar. Hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar IPA siswa mengalami peningkatan yang
ditunjukkan dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa dari 40,% pada siklus I, menjadi 70,0 pada siklus II dan menjadi 86,7% pada siklus III. Selain itu terdapat peningkatan rata-rata nilai test kompetensi siswa dari 62,3 pada siklus I menjadi 73,2 pada siklus II dan menjadi 79,7 pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Charta mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam pengamatan charta organ tubuh manusia khususnya organ pencernaan. Selain itu pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Charta memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIII-3 di
SMP Negeri 270 Jakarta Utara.


Keywords


Hasil Belajar, IPA, Media Pembelajaran, Charta, Sistem Pencernaan Manusia

Full Text:

PDF

References


Anni, Catharina Tri, dkk. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Depdikbud. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu

SMP.

Mahmud, Dimyati. 1990. Proses Belajar Mengajar Siswa. Jakarta: PT Gramedia

Nurhadi. 2003. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan

Menengah.

Oemar Hamalik. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi.

Jakarta: Bumi Aksara.

Poerwodarminto. 1992. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sardiman A. M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali

Press.

Soemanto, Wasty. 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Wardani I. G. A. K, Julaekha, Siti, dan Marsinah, Ngadi. 2006. Penelitian Tindakan

Kelas. Jakarta.

Wardani I. G. A. K, Wihardit, Kuswaya, dan Nasoetion, Noehi. 2006. Penelitian

Tindakan Kelas. Jakarta.

Wijaya Kusumah. 2009. Media Grafika: Pengertian Media Pembelajaran

http://www.media-grafika.com/pengertian-media-pembelajaran. Didownload

tanggal 14 Agustus 2012.

Wiriatmadja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk

Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i3.106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

Publisher:
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats