Pemanfaatan Application Programming Interface (API) pada Aplikasi Layanan Jasa Perbaikan Kendaraan Bermotor

Ilham Fitrahriansyah(1), jajam Haerul Jaman(2*)

(1) 
(2) Universitas Singaperbangsa Karawang
(*) Corresponding Author

Abstract


Perbaikan maupun perawatan kendaraan merupakan salah satu dari berbagai macam jenis pelayanan yang ada pada bengkel motor/ mobil. Para pengguna kendaraan mengalami kesulitan bila tidak ada kontak atau komunikasi dengan bengkel untuk melakukan pemanggilan teknisi. Teknisi yang di panggil membutuhkan waktu lama bila tidak mengetahui jalur atau rute perjalanan untuk sampai lokasi pengendara. Diperlukannya adanya suatu sistem yang berfungsi sebagai pemesanan teknisi, lokasi pengendara dan  pelaporan pelayanan. Metodologi meliputi tahap pengumpulan data (studi literatur, observasi, dan wawancara) dilanjutkan ke tahap pengembangan sistem menggunakan metode SDLC dengan pengembangan aplikasi yang dibangun menggunakan model pendekatan Prototype. Pengujian standar aplikasi menggunakan white box testing, black box testing dan juga evaluasi kepada pengguna. Hasil yang didapat adalah seluruh menu dapat berjalan sesuai fungsinya masing-masing, dan hasil evaluasi yang dilakukan dengan survey kepada 30 sampel pelanggan, admin, dan teknisi.  Dengan adanya aplikasi ini dapat mengatasi permasalahan pemesanan selama ini, hal tersebut dibuktikan dengan kuisioner dengan rata-rata nilai 7.5 yang artinya “setuju” dengan adanya aplikasi pelayanan jasa teknisi ini.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Badan Pusat Statistik, “Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Kabupaten/Kota dan Jenis Kendaraan di Provinsi Jawa Barat (unit), 2018,” 2018.

R. Wardana, “4 Biaya Servis Motor yang Harus Disiapkan Setiap Bulan,” lifepal.co.id, 2021. [Online]. Available: https://lifepal.co.id/media/4-biaya-servis-motor-yang-harus-disiapkan-setiap-bulan/. [Accessed: 20-Oct-2021].

M. Khosrow-Pour, “Encyclopedia of Information Science and Technology,” Hershey, PA, USA IGI Glob. Publ., 2005.

Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v15i1.9848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

DOAJ faktor exacta Garuda ISSN BRIN sinta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Flag Counter

site
stats View Faktor Exacta Stats


pkp index